IKN Mulai Dibuka untuk Masyarakat Umum Hari Ini, Berikut Cara Masuknya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur resmi dibuka untuk masyarakat umum mulai Senin (16/9) ini.

Tapi, kunjungan masyarakat terbatas hanya untuk Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa Nusantara.

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw menyebut kuota dibatasi maksimal 300 orang. Masyarakat dapat berjamu ke IKN setiap hari pada pukul 09.00 hingga 17.00 WITA.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Memang dibuka kuotanya hanya untuk 300 orang. Kami perhitungkan lantaran kita lihat suasana visitor pun sangat ramai dan memang kudu menjaga ketertiban demi keamanan," kata Troy melalui keterangan video, Senin (16/9).

Namun Troy mengingatkan, masyarakat nan mau mengunjungi IKN kudu terlebih dulu mendaftar melalui aplikasi IKNOW. Nantinya bukti pendaftaran wajib ditunjukkan kepada petugas alias liaison officers (LO) di lokasi.

Setelah pemeriksaan, visitor didampingi LO melakukan perjalanan menggunakan Electric Vehicle (EV) Bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa. Troy menyebut perjalanan itu bakal ditempuh dengan lama 10 menit.

"Pengunjung bakal turun di Halte Plaza Seremoni Barat di mana visitor dapat mengunjungi baik Plaza Seremoni nan berada di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa nan ada di sebelah barat," kata dia.

Adapun di Plaza Seremoni, visitor dapat menikmati beragam akomodasi seperti Mini Amphitheater, Forest Trail, Retail Gallery, dan Visitor Center. Sementara di Taman Kusuma Bangsa, visitor juga dapat memandang sejumlah landmark krusial dari kejauhan seperti Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni.

"Pengunjung dapat kembali ke Rest Area alias Simpang Trunen menggunakan EV Bus nan melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit," lanjutnya.

Adapun ada beberapa perihal nan perlu diperhatikan pengunjung. Di antaranya, titik parkir kendaraan visitor sekaligus sebagai titik kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara ada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen alias samping RS Hermina.

Selain itu, selama masa kunjungan, visitor wajib mematuhi ketentuan nan berlaku.

Yakni, menggunakan transportasi umum nan disediakan pada titik kumpul, menjaga kebersihan, dilarang merokok, dilarang memasuki area nan bukan sebagai area berjamu dan mematuhi seluruh pengarahan dari petugas di lapangan.

"Dan semoga apa nan kami kerjakan di sini tujuannya adalah untuk menunjukkan gimana proses pembangunan IKN berjalan pada saat ini," ujar Troy.

"Dan kami berambisi semua visitor merasa nyaman, merasa senang dan menikmati kunjungan di IKN terbuka untuk setiap orang," imbuhnya.

(Khr/agt)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional