Imam Besar Istiqlal Buka Suara soal Seminar Tokoh Yahudi Amerika

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 17 Jul 2024 19:54 WIB

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan seminar nan menghadirkan ketua Relation American Jewish Committee (AJC) tak pernah direncanakan. Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan seminar nan menghadirkan ketua Relation American Jewish Committee (AJC) tak pernah direncanakan. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Jakarta, CNN Indonesia --

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menegaskan aktivitas seminar nan menghadirkan Director of Muslim-Jewish Relation American Jewish Committee (AJC) Ari Gordon tak pernah direncanakan.

"Nah, itu tanpa pemberitahuan saya. Mahasiswa kan libur ya. Ini enggak ada mahasiswa, siapa nan mau ikut. Jadi enggak dibatalin, memang enggak ada dalam perencanaan," kata Nasaruddin kepada CNNIndonesia.com, Rabu (17/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nasaruddin mengatakan belum ada koordinasi dengan dirinya mengenai digelarnya seminar nan mengundang Ari Gordon tersebut. Padahal, dia menilai buahpikiran membikin seminar dengan mengundang para master di bagian mengenai sangat baik untuk dilakukan.

Ia pun tak mengetahui poster aktivitas seminar nan bakal diisi oleh Ari Gordon ini sudah beredar di media sosial. Padahal perencanannya saja belum dilakukan.

"Nah, itu saya enggak tahu siapa nan bikin [poster]. Saya enggak tahu," kata dia.

"Mungkin idenya bagus, profesor-profesor mau datang. Tapi lagi libur gini. Nah, itu salahnya melakukan itu tanpa koordinasi dengan kita," kata Nasaruddin.

Terpisah, Pengelola Masjid Istiqlal Ismail Cawidu menegaskan belum ada pemberitahuan dari Voice of Istiqlal (VOI) mengenai aktivitas seminar nan menghadirkan Ari Gordon sebagai pembicara.

Ia juga menegaskan poster seminar nan beredar di media sosial bukan poster resmi.

"Memang VOI itu biasa melaksanakan aktivitas obrolan tematis. Tapi kali ini tidak ada pemberitahuan. Jadi flayer itu tidak resmi, maka acaranya tidak dilaksanakan," kata Ismail.

Ismail menyatakan pengurus Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Dia mengatakan Istiqlal juga sejalan dengan sikap pemerintah Indonesia nan tegas tak bekerja sama dengan Zionis nan menindas Palestina.

"Sikap dan pandangan Istiqlal konsisten berbareng pemerintah mendukung kemerdekaan Palestina. Istiqlal telah menghimpun biaya berbareng jemaah memberikan support ke penduduk Palestina apalagi memfasilitasi beberapa kali Dubes Palestina di Jakarta berjumpa dengan jemaah Istiqlal pada hari Jumat," kata dia.

Sebelumnya beredar poster aktivitas seminar dengan pembicara Director of Muslim-Jewish Relation AJC Ari Gordon dengan logo Voice of Istiqlal di media sosial.

Acara tersebut sedianya bakal digelar pada hari ini, Rabu (17/7) di Perpustakaan Masjid Istiqlal, Jakarta pukul 15.30 WIB.

Beberapa warganet nan memandang poster tersebut di media sosial lantas mengkritik keras lantaran aktivitas ini menghadirkan pihak AJC.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional