Imam Besar Istiqlal: Paus Fransiskus Akan ke Terowongan Silaturahmi

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 03 Sep 2024 11:56 WIB

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan Paus Fransiskus berencana bakal mengunjungi 'Terowongan Silaturahmi'. Paus Fransiskus disebut bakal mengunjungi Terowongan Silaturahmi pada Kamis (5/9) nanti. (AFP/TIZIANA FABI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan Paus Fransiskus akan mengunjungi 'Terowongan Silaturahmi' nan menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral pada Kamis (5/9) lusa.

"Iya iya, iya InsyaAllah [dipastikan kunjungi Terowongan Silaturahmi]," ujar Nasaruddin kepada CNNIndonesia.com, Selasa (3/9).

Ia juga mengatakan Istiqlal telah mengundang perwakilan ormas-ormas keagamaan di Indonesia untuk hadir, serta memastikan Istiqlal telah bersiap untuk menyambut kehadiran Paus Fransiskus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan Istiqlal telah mempunyai standar tersendiri dalam menyambut tamu kenegaraan.

"Sudah, sudah semua. Kita sudah punya standar kepala-kepala negara datang ke Istiqlal, jadi kita sudah punya standar," kata dia.

Dikutip di laman resmi Masjid Istiqlal, tim pendahulu Vatikan nan bertanggung jawab mengenai agenda Paus Fransiskus di Indonesia telah meninjau Istiqlal, Jumat (29/8) lalu. Tim ini telah meninjau letak nan bakal menjadi area silaturahmi Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal, ialah Area Plaza Al-Fattah.

Selain Plaza Al-Fattah, peninjauan juga dilangsungkan di Terowongan Silaturahmi nan menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

Terowongan Silaturahmi nan menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral telah rampung pembangunannya sejak 2021 lalu.

Terowongan silaturahmi dibangun dengan panjang 32 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 8 meter.

Pembangunan terowongan ini diharapkan dapat menjadi contoh kerukunan antar umat beragama. Sehingga, antar kepercayaan dapat terus saling menjaga silaturahmi dan toleransi lantaran Indonesia kaya bakal kepercayaan.

Adapun kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia telah teragendakan pada 3-6 September 2024. Salah satu agenda Paus selama di Indonesia ialah mengunjungi Masjid Istiqlal untuk menggelar pertemuan dengan tokoh antaragama di Indonesia.

(dh/vws)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional