Indonesia Bakal Kirim 25 Nakes TNI ke El Arish, 15 ke Rafah Palestina

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 02:30 WIB

Sebanyak 25 tenaga kesehatan TNI bakal dikirim untuk bekerja di rumah sakit Mesir hingga Palestina untuk bantu korban genosida Israel. Ilustrasi. Nakes TNI bakal dikirim bantu penduduk Palestina dari genosida Israel. (Arsip Puspen TNI_

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 25 tenaga kesehatan (nakes) TNI bakal dikirim untuk bekerja di rumah sakit terapung milik UAE di El Arish, Mesir. 15 nakes dari rombongan itu juga dipersiapkan untuk dikirim ke rumah sakit lapangan di Rafah, Gaza Palestina.

"Rencana pemberangkatan, pemberangkatan pertama sebanyak 25 orang. Di antaranya terdapat 4 orang Wan (Wanita) TNI," kata Direktur Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemhan RI, Mayjen Ujang Darwis, Rabu (7/8).

Secara total, ada 40 nakes nan disiapkan terdiri dari master ahli dan tenaga kesehatan campuran dari tiga matra. Mereka telah mendapat pembekalan berupa latihan pra tugas selama 5 hari di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apabila situasi di rumah sakit lapangan di Rafah sudah dinilai kondusif bagi nakes TNI, 15 dari 25 nakes nan sudah ada di rumah sakit terapung, bakal dikirim ke rumah sakit lapangan di Rafah.

Setelahnya, 15 nakes nan di Indonesia, bakal dikirim berasosiasi ke rumah sakit terapung di di El Arish.

"Keberangkatan kedua bakal dilaksanakan andaikan situasi di field hospital di Rafah dinilai cukup kondusif bagi personel kita. Jadi kelak dari 25 orang tersebut bakal dikirim 15 orang ke field hospital di Rafah, baru sisa 15 orang nan dari Indonesia nan ada di tanah air kita berangkatkan berasosiasi di floating hospital di El Arish," kata Ujang.

Agresi dan genosida Israel telah menewaskan lebih dari 39.000 penduduk Palestina di Gaza sejak serangan lintas pemisah pada 7 Oktober 2023 oleh Kelompok Pejuang Palestina Hamas.

Tindakan sadis Israel di Gaza telah memicu musibah kemanusiaan dan persidangan sedang berjalan atas dugaan genosida di Mahkamah Internasional. Korban agresi biadab Israel didominasi anak-anak dan perempuan.

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional