Indonesia Incar 2 Pelabuhan di Italia Ini untuk Peningkatan Ekspor ke Eropa

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemui Duta Besar Italia untuk Indonesia, Benedetto Latteri, pada Rabu, 22 Mei 2024 di Jakarta untuk menawarkan kesempatan ekspor Indonesia ke Eropa melalui Pelabuhan Genova dan Trieste, Italia. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkap telah berjumpa dengan Duta Besar Italia untuk Indonesia, Benedetto Latteri, untuk kepentingan penjajakan itu pada Rabu, 22 Mei 2024 

“Keuntungan Indonesia mengekspor melalui kedua pelabuhan tersebut adalah posisinya sebagai pintu masuk ke Eropa Tengah dan Timur,” kata Zulhas melalui keterangan resminya pada Kamis, 23 Mei 2024.

Dia menyebut jumlah perdagangan Indonesia dengan Eropa tetap sepertiga dari perdagangan Vietnam dengan Eropa. Pemanfaatan jalur ekspor melalui dua pelabuhan itu diharapkan dapat meningkatkan volume perdagangan Indonesia dengan Uni Eropa, dan dengan Italia pada khususnya.

Zulkifli mengatakan Italia dan Indonesia mempunyai tujuan nan sama mendorong kesepakatan perjanjian jual beli bilateral Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dan Eropa alias IEU-CEPA. Dia menyebut kesepakatan itu ditargetkan disetujui pada tahun ini juga, sesuai pengarahan Presiden Joko Widodo.

Menurut dia, Dubes Latteri menyebut pemerintah Italia berbareng dengan pihak swasta di Italia menawarkan solusi teknis bagi produk ekspor unggulan Indonesia. Contoh produk nan disebutkan adalah CPO (crude palm oil alias minyak makan mentah) dan kopi, nan terdampak kebijakan deforestasi Uni Eropa.

Iklan

Latteri menyebut salah satu penemuan nan ditawarkan adalah skema sertifikasi untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan kebijakan. Pihaknya berencana mengundang Kementerian Perdagangan RI ke Italia untuk berjumpa Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia serta Otoritas Pelabuhan Genova dan Trieste. 

Pertemuan itu juga diharapkan mendorong penyelesaian perundingan perjanjian jual beli bilateral IEU-CEPA. Perundingan sudah dibahas nyaris tujuh tahun lamanya dan sudah ada 18 kali pertemuan sejak pembahasan pertama kali pada 18 Juli 2016.

Pilihan Editor: Starlink Berpotensi Salip Internet Lokal, Praktisi Keamanan Siber Bicara Teknologi Lama Dikanibal nan Baru

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis