Inovasi MPP Kota Palembang Mudahkan Masyarakat Akses Pelayanan Publik

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Palembang, Sumatra Selatan melakukan beragam penemuan untuk memberikan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat.

Salah satu upayanya adalah mengintegrasikan banyak jasa dari beragam lembaga dalam satu lokasi.

MPP Kota Palembang merupakan satu-satunya mal pelayanan publik terlengkap di Indonesia dengan jumlah pelayanan meliputi 30 jenis nan berada di atas lahan seluas 2 hektare. Hal itu membikin MPP Palembang mempunyai unit jasa terbanyak dan akomodasi terlengkap se-Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari laman Menpan.go.id, sejumlah unit jasa nan tergabung dengan MPP ini antara lain, Bank BNI, Bank BRI, Bank Sumsel Babel, PLN, PDAM, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, BPOM, PT Pos, PT Taspen, Pegadaian, Jasa Raharja, Kejaksaan Negeri, Polresta, Samsat.

Kemudian, Imigrasi, Kementerian Agama, Ombudsman RI, Kanwil Pajak, Kementerian ATR/BPN, DPMPTSP Provinsi, PUPR, BPPD Kota dan Provinsi, Kesbangpol dan Disnaker, Disdukcapil, Dinas Arsip dan Perpustakaan, serta Ikatan Arsitek dan PMI.

MPP Kota Palembang mempunyai beragam karakter nan membedakannya dengan MPP lain di Indonesia. Antara lain adanya Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) nan menyediakan akomodasi cetak Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Selain itu, terdapat jasa unik lainnya seperti jasa pijat urut tunanetra, perspektif UMKM, jasa Ombudsman, jasa konsultasi terdigitalisasi, photobooth nan terkoneksi dengan seluruh layanan, jasa konsultasi hukum, dan ruang komunitas.

Selain menyediakan jasa administrasi, perizinan, dan non-perizinan, di dalam MPP Kota Palembang juga tersedia beragam sarana dan prasarana penunjang pelayanan, antara lain Drive Thru SIM dan STNK, jasa antrean terintegrasi, jasa unik disabilitas, jasa investasi, jasa mandiri, balai nikah gratis, dan banyak lagi.

Berkat penemuan nan dilakukan tersebut, Pemerintah Kota Palembang sukses meraih poin tinggi dalam Pelaksanaan Penerapan Standar Pelayanan Minimal Tahun Anggaran 2023.

Selain itu, MPP Palembang merupakan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu nan selalu mendapat nilai A.


Tentang Kota Palembang

Kota Palembang menjadi salah satu kandidat pemenang di arena CNN Indonesia Awards nan bakal digelar CNN Indonesia pada Rabu, 10 Juli 2024 di Palembang, Sumatra Selatan.

CNN Indonesia Awards di Palembang ini merupakan arena penghargaan ketiga. Sebelumnya CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar dan Bali.

Ibu kota Provinsi Sumatra Selatan ini adalah salah satu kota tertua di Indonesia. Palembang telah terkenal sejak dulu lantaran menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya pada sekitar abad ke-7. 

Lokasinya nan strategis di tepi sungai besar ialah Sungai Musi, menjadikan Palembang sebagai pusat perdagangan, industri, dan pariwisata di Sumatra Selatan.

Di sisi lain, Pemerintah Kota Palembang juga tengah berfokus pada pembangunan prasarana dan peningkatan pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

(fef)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional