Istana Bantah Jokowi Ikut Campur Airlangga Mundur dari Ketum Golkar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 12 Agu 2024 07:49 WIB

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayan mengatakan pengunduran diri dari Ketum Golkar pilihan pribadi Airlangga Hartarto. Istana membantah tudingan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut kombinasi dalam pengunduran diri Airlangga Hartarto dari kedudukan Ketua Umum Partai Golkar. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta, CNN Indonesia --

Istana membantah tudingan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut kombinasi dalam pengunduran diri Airlangga Hartarto dari kedudukan Ketua Umum Partai Golkar.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayan mengatakan pengunduran diri itu pilihan pribadi Airlangga. Selain itu, urusan tersebut ada di ranah internal partai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi tidak ada kaitannya sama sekali dengan Presiden," kata Ari melalui keterangan tertulis, Senin (12/8).

Ari mengatakan pengunduran diri itu tidak berpengaruh terhadap keahlian pemerintahan. Airlangga dipastikan tetap menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Airlangga pun bakal ikut sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut Ari, Airlangga sudah tiba di IKN sejak kemarin.

"Dari semalam sampai hari ini beliau mendampingi Bapak Presiden di Ibu Kota Nusantara," ucapnya.

Sebelumnya, Airlangga mengejutkan publik dengan pengunduran diri dari ketua umum Partai Golkar. Dia hanya berbicara mau menjaga keutuhan Golkar dengan pengunduran diri itu.

Golkar bakal menunjuk pelaksana tugas ketua umum setelah keputusan Airlangga itu. Lalu pintu menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub) pun terbuka.

"Dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, bahwa munas luar biasa itu bisa terselenggara andaikan ketua umum itu mengalami tiga hal," ucap Doli dalam konvensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (11/8).

"Pertama adalah andaikan seorang ketum berhalangan tetap. Kedua terkena masalah hukum. Ketiga andaikan ketua umum mengundurkan diri," imbuhnya.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional