Istana: Keppres Pindah Ibu Kota ke IKN Nusantara Masih Belum Rampung

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 03 Jun 2024 12:00 WIB

Memasuki Juni 2024, Mensesneg menyebut Keppres pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan tetap belum rampung. Ilustrasi. Memasuki Juni 2024, Mensesneg menyebut Keppres pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan tetap belum rampung. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan masih belum rampung.

"Keppres itu, belum," kata Pratikno singkat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6).

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono juga mengatakan Jakarta tetap berstatus sebagai Ibu Kota Indonesia hingga saat ini. Pasalnya perpindahan Ibu Kota secara komplit dan resmi tetap menunggu Keppres.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun mengenai kapan waktu tepat Keppres diterbitkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Dini menyebut bahwa perihal tersebut kewenangan penuh kepala pemerintahan tersebut.

Kendati demikian, Dini memastikan pemerintah bakal mengupayakan agar rentang waktu publikasi Keppres dan juga pengesahan UU DKJ tidak terlampau jauh.

"Kapan persisnya Keppres bakal terbit, berjuntai sepenuhnya kepada kewenangan Presiden," kata Dini beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan ibu kota negara sudah resmi pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur saat HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang.

"Ya kira-kira seperti itu (17 Agustus ibu kota sudah resmi pindah). Sudah menjadi komitmen pemerintah pusat bahwa sesegera mungkin Perpres itu dikeluarkan, sehingga waktunya tepat untuk beranjak menjadi DKJ," ujarnya di Hotel Langham Jakarta, Rabu (29/5).

Heru--yang juga Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres)-- menyampaikan bakal ada serangkaian aktivitas nan dilakukan di IKN nan digelar mulai 1 hingga 17 Agustus 2024.

Ia juga menyampaikan bakal ada aktivitas seremonial nan digelar dalam rangka melepas status DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) pada Agustus mendatang.

Saat memberi sambutan dalam Crisis Management Conference 2024 di Hotel Langham tersebut, apalagi Heru memberi kode kapan Keppres pemindahan IKN itu terbit sehingga Jakarta bukan lagi ibu kota RI.

"Bapak ibu [delegasi] adalah kemungkinan tamu terakhir nan kami sebut selamat datang di ibu kota DKI Jakarta. Kalimat ini mungkin kalimat terakhir, kelak tidak lebih dari bulan Juni, Juli dan seterusnya ibu kota bakal beranjak ke IKN Kalimantan," tuturnya kala itu.

(dhf, khr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional