Istana: Menteri Upacara HUT RI di IKN dan Jakarta Akan Dibagi Seimbang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 19:46 WIB

Istana menyebut jumlah menteri nan menghadiri upacara HUT RI di IKN dan Jakarta bakal dibagi secara berimbang agar tidak menimbulkan kecemburuan. Istana Kepresidenan memastikan para menteri bakal dibagi secara proporsional untuk datang upacara peringatan HUT RI di IKN Kaltim dan Jakarta. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Istana Kepresidenan memastikan jumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dalam upacara seremoni HUT RI ke-79 di IKN Kalimantan Timur dan Jakarta bakal dibagi seimbang.

Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan ada beberapa pertimbangan praktis dalam pembagian pembantu Presiden Jokowi dalam aktivitas peringatan hari kemerdekaan Indonesia itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pasti pembagian menteri ini bakal kita atur dengan baik agar berimbang antara nan datang di IKN dengan nan datang di Istana Merdeka [Jakarta]," kata Yusuf di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8).

Yusuf belum merinci pembagian menteri baik di IKN maupun di Jakarta. Namun dia memastikan pengaturan dari Istana bakal dilakukan secara setara sehingga tidak menimbulkan rasa kecemburuan antara pembantu Presiden itu.

Di sisi lain, dia mencontohkan Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal datang saat upacara HUT RI di IKN.

"Semua dalam suasana sukacita, suasana senang menyambut hari kemerdekaan RI," kata dia.

Lebih lanjut, Yusuf mengatakan Presiden Jokowi dijadwalkan memantau langsung gladi bersih seremoni upacara HUT RI ke-79 di IKN pada Rabu (14/8) mendatang.

Gladi bersih itu bakal memperlihatkan tata upacara termasuk kesenian nan bakal ditampilkan dalam seremoni hari jadi Indonesia itu. Sementara untuk jalur transportasi, Jokowi belum dijadwalkan untuk melakukan peninjauan.

"Bahwa [14 Agustus] bapak Presiden bakal memandang secara langsung gladi bersih peringatan detik-detik [upacara kemerdekaan]," ujar Yusuf.

Yusuf mengatakan gladi bersih itu bermaksud untuk memandang gimana sistem upacara HUT RI secara hybrid. Setelahnya, Jokowi menghadiri aktivitas pemberian tanda gelar kehormatan kepada sejumlah tokoh di Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun, Yusuf tidak merinci siapa saja pihak nan bakal diberi tanda jasa kehormatan.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional