Istana Sebut Pimpinan OIKN Mundur Tak Terkait Upacara HUT RI di IKN

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 03 Jun 2024 11:37 WIB

Pengunduran diri duo ketua OIKN itu terjadi justru dua bulan jelang rencana Jokowi gelar upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Bambang Susantono telah mengundurkan diri dari kedudukan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari kedudukan mereka. 

Informasi pengunduran diri Bambang dan Donny dari ketua OIKN itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/6). Pratikno mengatakan Keppres tentang Pemberhentian dengan hormat Bambang dan Donny sudah terbit.

Uniknya, pengunduran diri duo ketua OIKN itu terjadi justru dua bulan menjelang rencana Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara, Kalimantan pada Agustus mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pratikno membantah pengunduran diri Bambang dan Dhony yang bebarengan itu ada kaitan dengan rencana upacara kenegaraan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Dia menegaskan itu tak ada kaitan, dan rencana upacara kenegaraan HUT RI di IKN masih terus dimatangkan pemerintah.

"Oh enggak, enggak [ada hubungan upacara HUT RI di IKN dan mundurnya Bambang-Dhony]. 17an sudah kita rancang jadi kira-kira kelak lantaran kita kelak kan sebelumnya pindah, ada 17-an aktivitas dimulai sana, ada juga upacara di sini [Jakarta] juga," kata Pratikno menjawab pertanyaan wartawan.

Selain itu, Pratikno mengatakan dalam surat pengunduran diri Bambang dan Dhony tak ada penjelasan argumen nan membikin mereka memilih mundur. Oleh lantaran itu, dia menyatakan tak tahu argumen Bambang dan Dhony mengundurkan diri.

"Ya jika namanya mundur di surat enggak disebutkan, tentu saja kami enggak tahu juga [alasan Bambang-Dhony mengundurkan diri]," kata Pratikno menjawab pertanyaan wartawan.

Sementara ini, dia mengatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono diangkat menjadi Pelaksanatugas (Plt) Kepala OIKN dan Wamen ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni menjadi Pelaksanatugas (Plt) Wakil Kepala OIKN.

Pratikno menjelaskan duo Plt itu bakal mejabat hingga ada pejabat definitif nan dilantik presiden nanti. Dia mengaku saat ini istana tetap mencari calon pengganti Bambang dan Dhony di pucuk OIKN.

"Kita lihat perkembangan," kata Pratikno.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional