Istana Undang SBY hingga Megawati 17-an di IKN, Dimaklum Jika Absen

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 11:42 WIB

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bakal maklum jika mantan-mantan presiden seperti Megawati dan SBY tak datang pada upacara HUT ke-79 RI di IKN. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bakal maklum jika mantan-mantan presiden seperti Megawati dan SBY tak datang pada upacara HUT ke-79 RI di IKN. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bakal maklum jika mantan-mantan presiden seperti Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak datang pada upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pratikno mengatakan para mantan presiden diundang untuk upacara di IKN. Namun, istana memberi keleluasaan jika mereka lebih memilih di Jakarta.

"Kalau ada hal-hal nan menyulitkan, kami juga terbuka jika beliau-beliau tidak datang di IKN, tapi datang di Jakarta," kata Pratikno pada bertemu pers di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pratikno menjelaskan upacara di IKN bakal dipimpin Presiden Jokowi. Upacara digelar dengan tata langkah militer dan dimulai sekitar pukul 11.00 WITA.

Adapun upacara di Jakarta digelar di Istana Merdeka pukul 10.00 WIB. Upacara ini hanya mengikuti prosesi upacara nan berjalan di IKN.

"Saya percaya merupakan sebuah rangkaian peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia nan paling spesial lantaran acaranya ada nan di Jakarta ada juga nan di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini sudah menjajal berkantor di IKN selama tiga hari.

Ia pun mengaku tetap penyesuaian dengan suasana tempat baru sehingga tidurnya kurang pulas pada malam pertama dia menginap, Minggu (28/7).

"Enggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya," kata Jokowi terkekeh di Kantor Presiden IKN, Kalimantan Timur, Senin (29/7).

Jokowi pun optimistis pengerjaan Istana Kepresidenan di IKN melangkah baik, kendati tetap terus berproses. Bahkan menurutnya saat dia berkantor, tetap ada ribuan
pekerja nan melanjutkan garapan mereka.

Namun dia enggan membeberkan perincian persentase pengerjaan proyek tersebut. Jokowi meminta agar perihal tersebut langsung ditanyakan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nan juga PIt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

Namun Jokowi memastikan sudah tidak ada lagi masalah mengenai kesiapan air, listrik, hingga akses internet.

"Tidak ada masalah. Air melimpah, listrik oke, internet bagus," ujarnya

(khr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional