Jadi Pionir Mi Pedas, Siapa Harris Kristanto di Balik Suksesnya Mie Gacoan?

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Bagi fans kuliner, nama restoran Mie Gacoan barangkali sudah tidak asing. Harga nan terjangkau dan jenis menu masakan mi nan beragam menjadikan Mie Gacoan banget dikenal di nyaris semua kalangan. Bermula di Solo, Jawa Tengah, rumah makan penyaji beragam olahan mi ini sekarang menyebar 20 kota di Tanah Air.

Mie Gacoan memang populer. Bahkan mungkin beberapa orang bakal langsung menawarkan restauran ini saat ditanya rekomendasi masakan mi pedas. Maklum, jargonnya saja “Restauran mi pedas No. 1 di Indonesia”. Terbukti, Mie Gacoan pun diakui sebagai pionir olehan mi pedas di Nusantara.

Apabila Mie Gacoan belum ada di wilayah Anda, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini resep Mie Gacoan nan enak. Foto: IG @mie.gacoan

Tetapi, tahukah Anda siapa di kembali suksesnya Mie Gacoan?

Dia adalah Harris Kristanto. Pria kelahiran Solo ini anak dari pasangan pengusaha berjulukan Rubin Salim dan Agustina. Darah upaya orang tuanya tampaknya juga mengalir di tubuh Hariss. Enam tahun berselang setelah lulus dari kuliah ekonomi di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, pada 2016 dia membangun bisnisnya sendiri, Mie Gacoan, di kampung halaman.

Iklan

Memulai dari nol, restauran Mie Gacoan tak serta merta sukses dan langsung terkenal. Usaha Harris ini justru mulai booming saat membuka bagian di Malang, Jawa Timur. Salah satu kunci kesuksesan itu rupanya lantaran Harris tak ragu untuk bekerja-sama dengan brand-brand ternama. nan kemudian juga berakibat pada nama Mie Gacoan hingga dikenal luas.

Harris juga konsisten menyajikan menu olahan mi pedas nan menjadi karakter unik restorannya. Mie Gacoan pun akhirnya diklaim sebagai perintis produk mi pedas nan kian mempopulerkan namanya. Menu olahan mi pedas apalagi banyak ditiru oleh kompetitor. Banyak brand nan juga menjual mi pedas. Namun, nama Mie Gacoan tetap nan paling dikenal.

Saat ini, Mie Gacoan telah tersebar di lebih dari 20 wilayah, dari Jawa hingga Bali dan Sumatera dengan 3.000 karyawan. Keuntungan nan didapat oleh Harris Kristanto pun melejit hingga 40 sampai 50 persen.

Pilihan Editor: Resep Mie Gacoan nan Bisa Dicoba di Rumah Saat Akhir Pekan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis