Jam Tangan Paus Fransiskus Menjadi Sorotan, Berapa Harganya?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kesederhanaan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia menarik perhatian masyarakat. Dia menolak hal-hal eksklusif, termasuk akomodasi mewah dan berlebih-lebihan.

Salah satu bukti kesederhanaan Paus Fransiskus adalah ketika dia menolak menggunakan mobil kepresidenan bermerek Mercedes-Benz. Dia pun meminta panitia menyiapkan mobil nan biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini kemudian digantikan dengan mobil bermerek Kijang Innova.

Selain itu, Paus Fransiskus juga tampil dengan sederhana saat tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 kemarin. Dia mengenakan jubah putih dan zucchetto serta topi putih mungil. Aksesoris arloji nan dikenakan Paus Fransiskus juga turut menarik perhatian. 

Warganet di media sosial apalagi menemukan merek jam tayangan nan diduga dipakai Paus Fransiskus. Harga arloji nan dipakai Pemimpin Umat Katolik itu pun menjadi sorotan lantaran sederhana dan murah meriah. 

Lantas, berapa nilai arloji Paus Fransiskus nan jadi perhatian masyarakat?  Simak rangkuman info selengkapnya berikut ini.

Harga Jam Tangan Paus Fransiskus

Seorang warganet di media sosial X menyebut bahwa arloji hitam putih nan dipakai Paus Fransiskus adalah jam buatan perusahaan asal Jepang, Casio, dengan jenis MQ24-7B2. “Jam tangan Paus Fransiskus, Casio MQ24-7B2. Harga 8 US Dollar alias Rp 124 ribu. Harga tersebut dikonfirmasi oleh Casio pada tahun 2020 nan lalu,” tulis seorang warganet dengan akun @JhonSitorus_18.

Berdasarkan penelusuran Tempo, produsen arloji Casio pernah mengkonfirmasi bahwa Paus Fransiskus memang memakai arloji buatan mereka. “Sepertinya Paus Fransiskus memakai MQ-24 Casio. Model ini adalah salah satu jejeran arloji dasar kami dan disukai banyak orang di seluruh dunia,” kata seorang perwakilan Casio pada Desember 2020, dikutip dari Religion Unplugged.

Iklan

Sementara itu, untuk nilai Casio MQ24-7B2 berbeda-beda setiap negara. Highsnobiety menyebut arloji Paus Fransiskus adalah US$ 15 alias sekitar Rp 232 ribu. “Paus saat ini lebih suka Casio MQ24-7B plastik nan dapat dibeli di Amazon seharga US$ 15,” tulis tulisan tersebut. Sementara itu, nilai Casio MQ24 di market place Indonesia berada di kisaran Rp 150-250 ribu.

Selain Paus, beberapa tokoh bumi juga mengenakan arloji pabrikan Jepang itu. Di antaranya adalah pendiri Microsoft Bill gates, mantan kepala FBI Robert Mueller, dan mantan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev. Semuanya terlihat mengenakan arloji Casio dengan model nan berbeda.

Di sisi lain, beberapa netizen juga menduga bahwa arloji nan digunakan Paus Fransiskus berasal dari perusahaan Swiss, Swatch. Diduga, jenis jam nan dipakai adalah Swatch Twice Again dengan nilai sekitar Rp 1,1 juta.

Pope Francis ‘Pope of the Roman Catholic Church’ (memakai) Swatch Twice Again (harga) Market Price: Rp 1.000.000,” tulis keterangan dalam unggahan IG tankamedium.

Sebelumnya, melansir dari Rago Arts, pada 2018 lampau Paus Fransiskus melelang jam tangannya nan bermerek Swatch dengan model SUOB705. Jam tangan berhistoris itu juga dilengkapi dengan surat keaslian nan menyentuh hati dari Sekretaris Pribadi nan Mulia, Romo Fabio Salernon, kepada Keluarga LaViolette dan personil Yayasan Brian LaViolette.

Pilihan Editor: Pemerintah Imbau Azan Magrib di TV Diganti jadi Running Text Saat Misa Akbar Paus Fransiskus

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis