Janji Mundur Pejabat IKN Jika Istana Garuda Tak Hijau dalam 2 Tahun

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 11:10 WIB

Patung garuda di IKN disebut bakal berubah jadi hijau lantaran proses oksidasi dalam dua tahun. Saat ini warnanya nan hitam banyak dipertanyakan. Seorang pejabat IKN berjanji bakal mundur jika Istana Garuda di IKN tidak berubah hijau dalam 2 tahun. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia --

Deputi Pengendalian Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi berjanji bakal mengundurkan diri apabila Istana Garuda di ibu kota baru tak berubah menjadi hijau dalam dua tahun.

Banyak pihak mempertanyakan soal kreasi patung garuda di Istana Kepresidenan di IKN yang condong berwarna hitam daripada hijau seperti di kreasi awal.

"Yang tadi mengatakan bahwa garuda hitam, enggak usah khawatir. Dua tahun oksidasi selesai, bakal menjadi hijau. Itu konsep green-nya IKN," kata Thomas dalam aktivitas Bulaksumur Roundtable Forum 2024: Mengelola Dilema Desentralisasi & Sustainability di Balai Senat UGM, Sleman, DIY, Jumat (9/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan itu, Ahli Politik dan Pemerintahan UGM Abdul Gaffar Karim selaku Chairperson Roundtable kemudian memastikan janji Thomas dan lama nan dibutuhkan untuk proses oksidasi Garuda IKN.

"Dua tahun ya janjinya, dua tahun jadi hijau itu Garuda?" tanya Gaffar.

"Kalau tidak hijau, saya mengundurkan diri," timpal Thomas.

Ditemui selepas acara, Thomas menuturkan jika sang arsitek Istana Garuda IKN, I Nyoman Nuarta menyampaikan jika proses oksidasi memerlukan waktu maksimal dua tahun.

"Mudah-mudahan warnanya berubah sesuai warna nan kita harapkan itu warna hijau," ucapnya.

Thomas mengaku dirinya tak terlalu mengerti mengenai seni dan arsitektur. Namun, dia membujuk publik untuk memandang patung kuda utara Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta nan juga mengalami perubahan warna akibat proses oksidasi.

"Itu ada masanya oksidasi, dan mudah-mudahan kemarin sasaran (Garuda IKN) satu alias dua tahun. Kalau hari ini orang di situ lihat seperti karat kan, nggak, itu proses oksidasi," tegasnya.

Penampakan awal Istana Kepresidenan di IKN menjadi buah bibir warganet lantaran berwarna gelap sehingga dianggap beda dari kreasi awal nan berwarna hijau.

Tak sedikit menyebut penampakan Istana Garuda IKN tersebut seperti Istana kelelawar.

(fby/sur)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional