Jawa Timur Sumbang Formasi CPNS 2024 Terbesar di Jawa, Ini Rinciannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Provinsi Jawa Timur kembali menunjukkan dominasinya dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil namalain CPNS 2024 dengan menyediakan susunan terbesar di Pulau Jawa. Dari total susunan nan disiapkan oleh pemerintah pusat, Jawa Timur mengambil porsi signifikan dengan membuka 2.314 posisi, mengalahkan provinsi-provinsi lainnya di Jawa.

Pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah menyediakan 250.407 susunan CPNS pada tahun ini nan tersebar di 69 lembaga pusat dan 478 lembaga daerah. Pelamar diimbau untuk secara rutin memantau info di portal SSCASN dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi proses seleksi nan kompetitif ini.

Dengan jumlah susunan nan lebih besar, terutama di Jawa Timur, kesempatan untuk berasosiasi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) juga semakin terbuka lebar, khususnya bagi lulusan baru perguruan tinggi alias fresh graduate nan menjadi prioritas dalam seleksi kali ini.

Jawa Timur Punya Formasi Terbesar di Jawa

Provinsi Jawa Timur menjadi wilayah dengan susunan CPNS terbesar di Pulau Jawa pada seleksi tahun 2024. Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) membuka 2.314 formasi, menjadikannya sebagai provinsi dengan susunan CPNS terbanyak di Pulau Jawa. Jumlah ini mencakup beragam jenjang pendidikan, mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga sarjana strata dua (S2).

Dikutip dari bakorwilbojonegoro.jatimprov.go.id, dari total 2.314 susunan tersebut, 1.800 susunan dialokasikan untuk tenaga teknis, sementara 514 susunan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Pemprov Jatim juga menyediakan susunan unik untuk penyandang disabilitas sebanyak 10 susunan dan 50 susunan untuk lulusan cumlaude.

Seleksi CPNS di Jawa Timur dijadwalkan berjalan serentak pada 20 Agustus 2024. Para peserta nan lolos seleksi bakal ditempatkan di beragam unit kerja di seluruh wilayah Jawa Timur. Syarat utama bagi pelamar adalah kesiapan untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia alias negara lain nan ditentukan oleh lembaga terkait.

Bagi nan berminat, info lebih lanjut mengenai rincian susunan kedudukan dan unit kerja penempatan dapat diakses melalui situs resmi Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur di https://bkd.jatimprov.go.id/Rekrutmen-ASN2024.

Formasi CPNS 2024

Iklan

Di samping kuota Jawa Timur, Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024 pada Selasa, 20 Agustus 2024 pukul 17.08 WIB. Kesempatan ini bakal berjalan hingga 6 September 2024.

Pelamar di seluruh Indonesia sekarang dapat mengakses info mengenai kesiapan formasi, keterangan jabatan, serta perincian tugas dan kisaran penghasilan melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) nan telah disediakan.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama, setiap lembaga baik di tingkat kementerian, lembaga, maupun daerah, bakal mengumumkan daftar lowongan kuota susunan secara bertahap.

"Selain mengecek lowongan susunan melalui kanal penerimaan CPNS Tahun 2024 di masing-masing instansi, pelamar juga dapat memandang keterangan susunan kedudukan nan bakal dilamar pada menu pencarian info tentang perincian susunan di portal SSCASN BKN," jelas Vino dalam keterangan tertulisnya pada Senin, 19 Agustus 2024.

Pada tahun ini, pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menyediakan total 250.407 susunan CPNS 2024  di 69 lembaga pusat dan 478 lembaga daerah. Pelamar diimbau untuk memantau info secara berkala di portal SSCASN dan mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi proses seleksi nan ketat ini.

Dengan banyaknya susunan nan dibuka, ini menjadi kesempatan emas bagi masyarakat nan mau berkarir di sektor pemerintahan dan turut berkontribusi dalam pembangunan negara.

PUTRI SAFIRA PITALOKA | AISYAH AMIRA WAKANG
Pilihan editor: Cara Cek Formasi CPNS 2024 dan Link Alternatifnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis