Jejak RK-Suswono hingga Duet Maju Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 20 Agu 2024 07:21 WIB

Ridwan Kamil dan Suswono dipasangkan untuk maju di Pilgub Jakarta. Tak tanggung-tanggung, duet ini didukung oleh 12 partai politik. Ridwan Kamil dan Suswono saat aktivitas deklarasi pasangan itu di Jakarta, Senin (19/8). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus secara resmi mendeklarasikan pasangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024 pada Senin (19/8).

KIM Plus merupakan partai koalisi pendukung Ridwan Kamil-Suswono nan berisikan 12 partai politik.

Koalisi ini beranggotakan Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, Gelora, Garuda, PKB, PKS, Perindo, PPP dan NasDem. Mereka sukses memborong nyaris semua partai politik di DKI Jakarta selain PDIP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ridwan Kamil mempunyai rekam jejak pekerjaan sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023.

Sebelum menjabat sebagai gubernur, laki-laki kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 itu pernah menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

RK sekarang berstatus sebagai kader Partai Golkar dengan kedudukan wakil ketua umum.

Ia pernah berprofesi sebagai Arsitek sebelum terjun ke bumi politik. Itu lantaran RK punya latar belakang pendidikan arsitek.

RK memulai pendidikan arsitek di program S1 Teknik Arsitek ITB pada 1990 sampai 1995. Setelahnya, Ridwan Kamil melanjutkan pendidikan S2 Master of Urban Design University of California, Berkeley, Amerika Serikat pada 1999 sampai 2001.

Sementara Suswono dikenal sebagai kader PKS. Ia memulai pekerjaan politiknya sebagai Tenaga Ahli Menteri Kehutanan pada 1999-2001 silam.

Suswono kemudian bisa lolos ke Parlemen Senayan dengan menjadi personil DPR Fraksi PKS pada 2004-2009. Selama menjabat sebagai personil DPR, dia dipercaya sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR.

Usai purna tugas sebagai personil DPR. Suswono dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Pertanian 2009-2014. Di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

Pada 2017, Suswono sempat mengadu nasib berkompetisi di Pilkada Brebes. Ia menggandeng Ahmad Musttaqin. Pada kontestasi itu, Suswono kudu berbesar hati lantaran menelan kekalahan.

PKS memperkenalkan julukan "Rawon" untuk pasangan Ridwan Kamil dan Suswono ketika berkompetisi di Pilgub DKI Jakarta 2024.

(rzr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional