Jelang Jokowi Pensiun, Penjualan Kaos Korban Mulyono Tembus Rp 52 Juta

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Program Manajer Penggalangan Dukungan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW), Sigit Wijaya, mengatakan hasil penjualan kaos "Korban Mulyono" menembus nomor Rp 52 juta. Total penghasilan ini didapatkan dari penjualan 475 kaos dengan nilai per kaos dipatok Rp 110 ribu. 

"Kaosnya kami jual di nilai Rp 110 ribu. Total penjualan kalo dijumlah kira-kira Rp 52 juta dan kami hanya ambil untung Rp 30 ribu per kaos," ucapnya kepada Tempo, Rabu, 09 Oktober 2024.

Sigit mengaku kaget dengan nomor tersebut. Ia tidak menyangka animo dan support dari masyarakat bisa sampai sebesar ini. Ia apalagi menyebut, ada kemungkinan penjualan kaos mencapai 500 pieces lantaran dia tetap belum mengecek info pesanan terbaru. 

"Respon publik cukup mengagetkan. Kami gak terbayang bakal sebanyak ini pesanannya," kata Sigit. 

ICW, kata Sigit, hanya mengambil untung Rp 30 ribu per kaos nan dijual. Jika ditotal, keuntungan tersebut mencapai sekitar Rp 14,25 juta. Keuntungan tersebut nantinya bakal dipakai untuk membiayai aktivitas antikorupsi, seperti melakukan forum-forum nan dapat membangun kesadaran kritis masyarakat. 

Dengan adanya perihal ini, Sigit berambisi support masyarakat bisa terus mengalir dan menguat. Tidak terbatas dengan membeli kaos saja, tetapi mendorong semakin banyak terbentuknya aksi-aksi nir-kekerasan dalam corak lain nan dibangun oleh warga.

Iklan

Dengan meningkatnya support penduduk terhadap pengawasan jalannya pemerintahan, menurut Sigit, perihal ini tentu bakal memperbesar tekanan terhadap pemerintah untuk berubah, sehingga bisa berkaca diri.

"Makin banyak penduduk nan bergerak berbareng untuk mengawasi jalannya pemerintahan, terutama untuk mengawasi pemerintahan nan baru," ujarnya. 

Sebelumnya ICW diketahui memproduksi kaos dengan kreasi bertuliskan "Korban Mulyono". Kaos ini disebut-sebut merupakan sindiran kembali terhadap kaos nan digunakan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, nan menggunakan kaos "Putra Mulyono" ketika blusukan. Mulyono dikabarkan adalah nama mini Jokowi.

Rachel Farahdiba Regar ikut berkontribusi dalam penulisan tulisan ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis