Jelang Pilkada, 4 Partai Gelar Rapat Akbar Tentukan Ketum Pekan Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 20 Agu 2024 12:11 WIB

Empat partai politik bakal menggelar rapat akbar jelang Pilkada 2024. Salah satunya Golkar nan mencari pengganti Airlangga. Empat partai politik bakal menggelar rapat akbar jelang Pilkada 2024. Salah satunya Golkar nan mencari pengganti Airlangga Hartarto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak empat partai politik bakal menggelar rapat besar menentukan ketua umum selanjutnya. Keempat partai itu adalah PKB, PAN, NasDem, dan Golkar.

Terdekat, Golkar bakal menggelar musyawarah nasional (munas) pada 20-21 Agustus 2024. Munas Golkar dipercepat dari agenda semula nan semestinya digelar pada Desember.

Hal itu disebabkan Airlangga Hartarto tiba-tiba mundur dari jabatannya sebagai ketua umum pada pekan lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Partai berikutnya nan bakal menggelar rapat akbar ialah PAN. Partai berlambang mentari putih itu menggelar Kongres VI di Hotel Indonesia, Jakarta, pada 23-24 Agustus 2024.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan salah satu agenda kongres ialah mengukuhkan Zulkifli Hasan kembali menjadi Ketua Umum PAN periode 2024-2029. Ia menjelaskan perihal ini sudah diputuskan dalam rapat kerja nasional beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, PKB bakal menggelar Muktamar ke-6 pada 24-25 Agustus. Ketua Steering Committee Muktamar PKB Faisol Riza mengatakan agenda akbar itu bakal digelar di Bali.

Riza mengatakan lewat Muktamar itu, DPP PKB bakal menentukan sikap partai di era pemerintahan Prabowo Subianto.

Selain itu, Muktamar juga diselenggarakan untuk mengesahkan kembali kedudukan ketua umum partai nan saat ini dijabat Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Antara lain itu memutuskan kita ada di dalam pemerintahan berasosiasi dengan pemerintahan nan ada alias tidak," kata Riza dalam konvensi pers di Kantor DPP PKB, Jumat (9/8).

Lalu, NasDem bakal menggelar Kongres III di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, pada 25-27 Agustus 2024.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menjelaskan forum ini bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ditutup presiden terpilih Prabowo Subianto. Kongres NasDem diselenggarakan secara offline dan virtual nan bakal dihadiri lebih dari 100 ribu orang.

Agenda lima tahunan itu digelar sekaligus untuk memilih ketua umum baru. Surya Paloh menjadi calon terkuat untuk kembali menjadi Ketua Umum Partai NasDem.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional