Jembatan Kawanua di Maluku Putus Imbas Longsor, Mobil Mengular

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 16:31 WIB

Jembatan Kawanua, Desa Tehoru Maluku terputus imbas longsor nan disebabkan oleh hujan deras dan banjir sejak Rabu (22/5) sore. Ilustrasi jembatan putus imbas longsor dan banjir. (ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya)

Ambon, CNN Indonesia --

Jembatan Kawanua, Desa Tehoru, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku dilaporkan terputus pada Kamis (23/5) pagi. Sejumlah mobil sempat terpantau mengular di ujung jembatan lantaran kondisi jalan longsor akibat banjir.

Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah pegunungan pulau seram sejak Rabu (22/5) sore hingga Kamis (23/5) pagi.

Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah Nova Anakota mengatakan petugas BPBD dan petugas Dinas PU Maluku Tengah sudah dikerahkan ke lokasi. Kondisi jalan disana sudah longsor dan berlubang besar dan belum bisa dilewati kendaraan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kondisi jalan sudah longsor dan berlubang besar setelah diterjang banjir, air sudah makan lenyap badan jalan,"ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (23/5) petang.

Ia menjelaskan jalan nan longsor tersebut terletak di bagian selatan alias bentangan pertama dari arah Tehoru. Polisi nan tiba di letak langsung memasang garis polisi dan mengatur arus lampau lintas nan sempat mengular.

Nova menyatakan pihaknya dan Dinas PU Maluku Tengah sudah berkoordinasi dengan Balai Jalan dan Sungai Maluku untuk memperbaiki jembatan terpanjang ukuran 200 meter di pulau Seram Maluku Tengah tersebut.

Namun saat ini mereka tetap terkendala jaringan akibat wilayah sekitar tetap terkepung kabut tebal dan hujan tetap mengguyur wilayah tersebut.

"Kita dan PU Maluku Tengah sedang berkoordinasi dengan Balai Sungai dan Balai Jalan untuk secepatnya bisa tertangani,"imbuh dia.

Ia lantas meminta para pengemudi pikulan nan mengangkut penumpang dari tiga kabupaten di Maluku untuk mengurungkan niat dan tidak menerobos banjir alias melewati jembatan demi keselamatan.

"Sejauh ini kendaraan belum bisa memutuskan untuk melakukan perjalanan lantaran kondisi jalan nan berlubang besar sehingga akses keselamatan diutamakan," pungkasnya.

(sai/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional