Jika Kotak Kosong Menang, KPU Usul Pilkada Ulang Digelar Tahun Depan

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 04 Sep 2024 14:01 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengusulkan pilkada ulang dilakukan pada 2025 jika di Pilkada serentak 2024 ada wilayah nan dimenangkan kotak kosong. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengusulkan pilkada ulang dilakukan pada 2025 jika di Pilkada serentak 2024 ada wilayah nan dimenangkan kotak kosong. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengusulkan pilkada ulang dilakukan pada 2025 jika di Pilkada serentak 2024 ada wilayah nan dimenangkan kotak kosong.

"Setahun, tahun depan," kata Ketua KPU Mochammad Afifuddin di sela agenda Forum Koordinasi dan Konsultasi Peran Strategis Media Massa Nasional dalam Pilkada, Rabu (4/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Afif mengatakan jika Pilkada ulang dilakukan pada agenda Pilkada lima tahun mendatang, maka wilayah nan dimenangkan kotak kosong bakal dipimpin oleh Penjabat (Pj) selama lima tahun.

"Logikanya pilkada berikutnya lima tahun, tidak seperti pilkada kemarin nan bergelombang, jika diisi Pj selama lima tahun berganti-gantian terus ya. Tapi ini tentu dari apa yg kami pikirkan dan kami pahami dari regulasi," katanya.

Ia mengatakan KPU bakal segera konsultasi dengan kreator undang-undang soal usulan Pilkada ulang dilakukan pada tahun depan jika kotak kosong menang.

"Kami sudah bersurat. Mungkin konsultasi kepada kreator UU ke DPR Insya Allah minggu depan di hari-hari awal mungkin tanggal 9 alias 10 kelak bakal ketemu," ujarnya.

Sebelumnya, KPU mencatat 43 wilayah nan bakal menggelar pilkada dengan calon tunggal tahun ini. KPU kemudian membuka pendaftaran kembali pada Senin (2/9) hingga Kamis (4/9).

Afif menjelaskan KPU bakal segera memperbarui info wilayah dengan calon tunggal setelah pendaftaran ditutup.

"Nanti ketika sudah info terakhir, kami bakal melakukan pembaruan kepada teman-teman seperti biasanya," ujarnya.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional