JK: 10 dari 15 Konflik Besar di Indonesia Terjadi Karena Ketidakadilan

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 03 Okt 2024 13:26 WIB

Mantan Wapres JK mengatakan 10 dari 15 bentrok besar nan terjadi sejak Indonesia merdeka lantaran dipicu ketidakadilan ekonomi, sosial, hingga politik. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan 10 dari 15 bentrok besar nan terjadi sejak Indonesia merdeka lantaran dilatarbelakangi oleh ketidakadilan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan 10 dari 15 bentrok besar nan terjadi sejak Indonesia merdeka lantaran dilatarbelakangi oleh ketidakadilan.

"Di Indonesia selama merdeka, ada 15 bentrok besar dan 10 diantaranya itu terjadi lantaran ketidakadilan, ketidakadilan ekonomi, ketidakadilan sosial, ketidakadilan politik," kata JK dalam pidatonya di aktivitas MUI di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (3/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

JK tak menafikan jika masalah ketidakadilan nan diterima masyarakat menjadi akar penyebab bentrok di Indonesia. Ia mencontohkan beberapa di antaranya seperti bentrok di Aceh, Poso dan Ambon terjadi lantaran ketidakadilan.

"Karena itulah maka kita semua kudu berupaya dengan baik," kata JK.

Selain itu, JK juga mengatakan pelbagai bentrok nan terjadi di negara-negara nan berpenduduk Islam di bumi juga terjadi lantaran akibat warisan kolonial.

Ia mencontohkan kasus ini terjadi di Palestina, Pakistan, India, Afganistan hingga suku Rohingya di Myanmar.

JK menjelaskan bentrok di Palestina awalnya terjadi lantaran kolonial Inggris kala itu membagikan pemisah wilayah kepada golongan Yahudi nan dituliskan dalam satu kertas. Kemudian bentrok di Myanmar terjadi lantaran mendatangkan orang oleh kolonial Inggris.

"Konflik hubungan antara warisan kolonial, kemudian ketidakadilan, dan juga lantaran upaya-upaya penguasaan ekonomi menyebabkan lah bentrok dan kolonialisme baru di muka bumi ini. Dan tentu ini sangat rawan pada masa datang," kata JK.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional