JK Akan Terbang ke Qatar Hadiri Pemakaman Bos Hamas Ismail Haniyeh

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) akan terbang ke Qatar untuk menghadiri pemakaman pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh besok, Kamis (1/8).

Pernyataan JK ini diketahui saat dihubungi Din Syamsuddin melalui sambungan telepon dalam konvensi pers Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) mengenai kematian Haniyeh, Rabu (31/7) malam.

"Saya mau berangkat besok malam," kata JK di sambungan telepon nan diperdengarkan Din.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

JK menyampaikan duka cita atas kematian Haniyeh dalam serangan di Teheran, Iran, pada pagi tadi. Ia menyebut Haniyeh merupakan sosok nan baik, pandai dan berjuang untuk rakyat Palestina melalui bagian politik.

"Semoga arwah beliau berada di sisinya Allah SWT. Kita semua tentunya mendukung perjuangan Hamas untuk memerdekakan negerinya. Semoga semuanya mendapatkan perlindungan dari Allah SWT," ucapnya.

Haniyeh rencananya bakal dimakamkan di ibu kota Qatar, Doha. Meski demikian, seperti dilansir Anadolu Agency, hingga sekarang Iran, Hamas, maupun Qatar belum mengeluarkan pernyataan resmi soal waktu dan tempat peristirahatan terakhir Haniyeh.

Haniyeh tewas dalam serangan di kediamannya di Teheran pada Rabu (31/7) pagi. Hamas menuduh Israel dalang di kembali serangan ini. Israel sendiri enggan berkomentar soal tuduhan ini.

Haniyeh berada di Teheran sejak Selasa (30/7) kemarin, untuk menghadiri pelantikan presiden baru Iran Masoud Pezeshkian. Dia juga berjumpa dengan pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Haniyeh merupakan kepala biro politik Hamas sejak 2017, menggantikan Khaled Meshaal. Haniyeh jadi tokoh terkenal, terutama usai menjadi Perdana Menteri Palestina pada 2006, menyusul kemenangan Hamas pada pemilu parlemen.

Haniyeh tinggal di pengasingan dan beranjak antara Turki dan Qatar. Dia berasosiasi dengan Hamas pada tahun 1987, saat peristiwa Intifada Pertama.

Selama agresi Israel ke Palestina, family Haniyeh turut jadi sasaran serangan. Pada April lalu, tiga anak dan empat cucu Haniyeh tewas dibunuh Israel.

JK dikenal dekat dengan pemimpin dan golongan besar di Timur Tengah, termasuk di Palestina.

Belum lama ini, JK apalagi sempat berjumpa dengan Haniyeh di Doha, Qatar.

Dalam pertemuan nan berjalan pada 12 Juli lampau itu, JK menyampaikan bela sungkawa kepada rakyat Palestina nan menjadi korban selama konflik. Ia menegaskan sikap solidaritas serta support bangsa Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

(lna/sur)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional