JK Kenang Hamzah Haz: Saya Kehilangan Orang yang Mencintai Masjid

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 24 Jul 2024 16:12 WIB

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mengenang sosok Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz sebagai pribadi nan mencintai masjid. Jusuf Kalla mendatangi rumah duka Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz di Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta, Rabu (24/7/2024). (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mengenang sosok Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz sebagai pribadi nan mencintai masjid.

Jusuf Kalla juga mengaku kaget dan merasa kehilangan dengan kepergian Hamzah Haz. Menurutnya, Hamzah Haz merupakan salah satu tokoh Islam nan dimiliki bangsa dengan pemikiran nan cemerlang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya turut berduka, beliau ini orang masjid, jadi saya kehilangan orang nan giat mencintai masjid," kata JK di rumah duka, Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta Timur, pada Rabu (24/7).

Semasa memimpin sebagai Wakil Presiden, Jusuf Kalla menyebut Hamzah Haz juga kerap memberikan pengarahan dan kepemimpinan nan baik dengan cara-cara Islam.

"Saat awal beliau bakal menjadi Wapres saya ikut mendukung beliau di MPR. Karena ini tokoh Islam nan baik, tenang dan punya pikiran-pikiran nan baik," tuturnya.

"Sosoknya itu orang nan memberikan arah dan juga kepemimpinan nan baik tapi penuh keislaman, dengan langkah Islam," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jusuf Kalla menyebut salah satu sikap nan bisa diteladani dari Hamzah Haz ialah langkah berpolitik nan tetap mengedepankan etika untuk kemajuan bangsa.

"Etika berpolitik dengan tujuannya kemajuan bangsa ini, bukan tujuan apa-apa. Beliau melaksanakan itu baik sebagai Wakil Presiden juga Ketua Umum PPP. Itu dia pegang teguh itu," pungkasnya.

Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz wafat pada Rabu (24/7). Jenazah bakal dimakamkan pada pemakaman family di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Hamzah Haz merupakan wakil presiden nan mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Ia menjabat wakil presiden pada 2001 hingga 2004.

Sebelum itu, Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi pada era Presiden BJ Habibie. Hamzah Haz juga pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI serta Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

(tfq/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional