JK Respons Ide Rekonsiliasi Ala Bamsoet: untuk Apa, Sudah Cukuplah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 23 Mei 2024 06:22 WIB

JK angkat bunyi mengenai buahpikiran rekonsiliasi kubu Anies, Prabowo dan Ganjar usai Pilpres 2024 nan dilontarkan Ketua MPR Bambang Soesatyo. JK respons buahpikiran rekonsiliasi Bamsoet Golkar usai Pilpres 2024. (Tangkapan layar instagram @agusyudhoyono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) angkat bunyi mengenai buahpikiran rekonsiliasi nasional usai Pilpres 2024 yang sempat dilontarkan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

JK memandang tidak perlu lagi diwacanakan pertemuan antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo. Menurutnya apa nan terjadi saat ini sudah cukup untuk disebut sebagai rekonsiliasi.

Apalagi, kata dia, kedua capres nan kalah sebelumnya ialah Anies dan Ganjar sudah mengakui Prabowo sebagai presiden terpilih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk apa (pertemuan) sudah cukuplah, nan krusial 01 (Anies) sudah mengakui 03 (Ganjar) sudah mengakui cukup," ujarnya kepada wartawan, Rabu (22/5).

JK menilai tidak perlu lagi memaksakan pertemuan dengan dalih rekonsiliasi hanya dikarenakan salah satu Capres telah menyatakan sikap sebagai oposisi. Menurutnya perihal tersebut merupakan sesuatu nan wajar dalam suasana demokrasi.

"Ya itulah, tidak ada masalah ketika ada nan diluar pemerintah sebagai oposisi," tuturnya.

Sebelumnya Bambang Soesatyo menggagas rekonsiliasi nasional antara kontestan di Pilpres 2024 lampau kudu segera dilaksanakan.

Ia menyebut pertemuan antara Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sudah digagas dan kudu segera dilakukan.

Bamsoet menyebut pertemuan ini kudu dilakukan guna membicarakan beragam masalah kebangsaan serta untuk menentukan nasib bangsa Indonesia ke depannya.

"Saya dan para ketua aktivis dari forum aktivis nasional sedang menyiapkan inisiasi suatu pertemuan rekonsiliasi nan mau menyatukan dalam suatu forum 01, 02 dan 03. Pak Prabowo, Pak Anies, dan Pak Ganjar," kata Bamsoet saat datang dalam aktivitas Tribute to Akbar Tandjung di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Minggu (19/5).

(tfq/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional