Jokowi 4 Kali Minta Maaf: Ini yang Terbaik yang Bisa Kami Upayakan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

PIDATO KENEGARAAN 2024

CNN Indonesia

Jumat, 16 Agu 2024 11:29 WIB

Presiden Jokowi beberapa kali mengucap maaf atas kekurangannya selama kepemimpinan 10 tahun dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2024. Presiden Jokowi beberapa kali mengucap maaf atas kekurangannya selama kepemimpinan 10 tahun dalam Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2024. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo empat kali meminta maaf dalam Sidang Tahunan MPR. Hal itu dia sampaikan di ujung pidato kenegaraan terakhir sebagai presiden.

Jokowi memperlambat ucapannya saat menyampaikan permohonan maaf tersebut. Suaranya juga memberat dan bergetar saat mengucap permohonan maaf.

"Saya dan KH Ma'ruf Amin minta maaf. Mohon maaf untuk setiap hati nan mungkin kecewa, untuk setiap angan nan mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita nan mungkin belum bisa tergapai," ucap Jokowi di Sidang Tahunan MPR di Jakarta, Jumat (16/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi sadar 10 tahun kepemimpinannya tidak sempurna. Dia mengakui tak bisa menyenangkan semua pihak dengan kerjanya.

Dia berbicara sudah mengupayakan nan terbaik untuk Indonesia. Namun, dia sadar kerja-kerja itu belum sepenuhnya sesuai dengan angan dan kemauan masyarakat.

"Sekali lagi, kami minta maaf. Kami minta maaf," lanjut Jokowi.

Dia menambahkan, "Ini adalah nan terbaik, nan bisa kami upayakan bagi rakyat Indonesia, bagi bangsa dan negara Indonesia."

Jokowi menitipkan kerja-kerja selanjutnya kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto. Dia percaya keberlanjutan kepemimpinan bakal membawa Indonesia menjadi negara maju.

"Saya percaya dan percaya dengan persatuan dan kerja sama kita, dengan keberlanjutan nan terjaga, Indonesia sebagai negara nan kuat dan berdaulat bakal bisa melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045," ujarnya.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional