Jokowi akan Berkantor di IKN hingga Menjelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Ini Persiapannya

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk kembali berkantor di Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara. Budi mengatakan, Kepala Negara bakal bekerja di IKN selama 40 hari, terhitung mulai 10 September hingga 19 Oktober 2024.

“Ya, jika sampai tanggal 19 Oktober berfaedah 40 harian,” kata Budi dalam wawancara di area Ampera, Jakarta Selatan, pada Jumat, 6 September 2024, nan dikutip dari video rekaman Budi nan diterima oleh Tempo.

Apabila memandang rencana tersebut, maka Jokowi bakal berada di IKN Nusantara hingga menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pelantikan Prabowo-Gibran dijadwalkan pada 20 Oktober mendatang.

Menurut Heru Budi, saat berkantor di IKN, Presiden Jokowi kemungkinan bakal berjamu ke beragam kota lainnya. Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta itu mengatakan, selama bekerja di IKN, Jokowi juga bakal mengundang sejumlah pihak untuk melakukan rapat.

Lantas, gimana persiapan untuk Jokowi berkantor selama 40 hari di IKN? Berikut rangkuman info selengkapnya.

Istana Sebut Wajar Jika Jokowi Ingin Berkantor di IKN

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan wajar jika Presiden Joko Widodo mau merasakan berkantor di Ibu Kota Nusantara alias IKN sebelum berganti pemerintah. Sebab Istana Garuda, tempat Jokowi bakal bekerja sebagai kepala pemerintahan sudah bisa digunakan. 

“Bagaimanapun ini legacy-nya beliau,” kata Hasan melalui dalam keterangan melalui pesan singkat pada Senin, 9 September 2024. Pendiri Cyrus Network ini belum merespons pertanyaan lanjutan Tempo mengenai persiapan Jokowi berkantor di IKN.

Namun, Hasan mengatakan Presiden Jokowi tetap bisa melakukan kunjungan kerja ke wilayah selama berkantor di IKN, Kalimantan Timur. “Dengan berangkat dari Ibu Kota Nusantara. Namun, mendelegasikan beberapa agenda ke wakil presiden juga dimungkinkan,” katanya.

Menteri PUPR Pastikan Bandara IKN Sudah Siap

Rencana perpindahan instansi Jokowi ke IKN belakangan ini diungkit oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Pj Kepala Otoritas IKN itu mengatakan, Jokowi kemungkinan bakal kembali berkantor di IKN pada September ini.

Menurut Basuki, pemindahan operasional kepala negara itu dilakukan setelah pembangunan airport IKN selesai dan dan dapat digunakan. Adapun progres bangunan runway airport IKN nan ditargetkan sepanjang 2.200 meter, baru terbangun 1.100 meter.

“Kalau tidak ada hujan, bangunan runway sepanjang 2.200 meter tersebut diharapkan dapat selesai pada tanggal 2 September. Jadi kami hitung terus,” kata Basuki, Jumat, 23 Agustus 2024.

Kantor Presiden Siap Digunakan

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah pernah berkantor di IKN selama dua hari, ialah pada 29-30 Juli 2024. Dalam kesempatan itu, Jokowi melakukan beragam kegiatan. Mulai dari menggelar rapat terbatas dengan jejeran Otorita IKN, menerima Jajaran Forkopimda Kalimantan Timur, hingga melakukan audiensi di ruang kerja instansi presiden.

Jokowi juga telah melakukan rapat paripurna di ibu kota baru tersebut pada Selasa, 13 Agustus 2024 lalu. Dengan begitu, maka instansi presiden sudah siap digunakan andaikan Jokowi kembali berkantor di IKN selama 40 hari.

Sebelumnya, pembangunan Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara telah selesai dengan dipasangnya bilah terakhir garuda pada Senin, 22 Juli 2024. Informasi ini disampaikan oleh Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono.

Iklan

“Alhamdulillah kita memandang dan melakukan penyelenggaraan pemasangan bilah ke-4650 nan menandai selesainya pembangunan garuda kita ini,” ujar Basuki di Jakarta, Senin, 22 Juli 2024.

Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke-4.650. Pemasangan turut disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Nyoman Nuarta, perupa nan merancang dan membikin bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda.

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga mengungkapkan air minum mulai mengalir di IKN. Basuki mengatakan air minum, bukan hanya air bersih, sudah bisa masuk ke IKN.

“Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum. Kami terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kita berambisi air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Selasa, 23 Juli 2024, dikutip Antara.

Tunda Rencana Pemindahan ASN

Rencana Jokowi berkantor di IKN ini berbarengan dengan agenda pemindahan ribuan aparatur sipil negara. Namun, Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas memastikan penundaan pemindahan Aparatur Sipil Negara alias ASN ke IKN pada September ini.

Presiden Jokowi mengatakan, kepindahan ASN dan rencana berkantor permanen ke Ibu Kota Nusantara perlu memandang kesiapan fasilitas. Mantan Gubernur Jakarta ini kembali menekankan bahwa IKN merupakan proyek jangka panjang.

“Jadi tidak segampang nan kita bayangkan pindah, langsung pindah, lantaran menyangkut pindah apakah rumahnya siap, apakah apartemennya siap,” kata Jokowi usai meresmikan flyover Djuanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Jumat 6 September 2024, dikutip dari video Sekretariat Presiden. 

“Saya kira kita pindah itu jika betul-betul siap, termasuk saya ini juga sama. Pindah betul-betul memang kudu siap betul,” tambah dia.

Menurut Jokowi, sebagian akomodasi untuk ASN berkantor di IKN memang sudah siap. Namun, sebagian lainnya tetap belum selesai. Dia pun memastikan bakal terus berkomunikasi dengan Otoritas IKN.

“Semua kudu dilihat, semua akomodasi sudah siap. Memang sebagian siap, sebagian belum. Kita pindah jika betul-betul siap. Kami bakal terus menuju ke sana 3-4 hari untuk konsolidasi Kepala Otoritas IKN,” ucap dia.

Daniel A. Fajri, Rachel Farahdiba Regar, dan Antara, berkontribusi dalam tulisan ini.

Pilihan Editor: Terkini: Toyota Raize dan Innova Zenix Viral usai Ditumpangi Paus Fransiskus, Prabowo Naikkan Gaji ASN Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis