Jokowi akan Berkantor di IKN pada September 2024, Prabowo Kapan?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Rencana Presiden Joko Widodo alias Jokowi berkantor di Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara pada September 2024. Namun belum ada statement terbuka apakah presiden terpilih Prabowo Subianto bakal menempati ibu kota baru itu sebagai kantornya.

"Kalau sekarang kan belum ada statemen apa pun dari Pak Prabowo. Kami tunggu statemen beliau," kata Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja, di Jiexpo Convention Center, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Agustus 2024.

Endra mengatakan, telah direncanakan Presiden Jokowi bakal menempati IKN pada awal September mendatang. Menempati IKN sebagai instansi bakal berjalan setelah landasan pacu di Bandara Nusantara rampung. Saat ini pembangunan lintasan pesawat itu baru 1.100 meter. "Tapi nan jelas Pak Jokowi bakal segera pindah jika landasannya sudah selesai," tutur Endra.

Prabowo adalah Menteri Pertahanan nan terpilih berbareng Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden dalam pemilihan presiden 2024. Gibran adalah mantan jejak Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Jokowi.

Iklan

Staf Ahli Menteri PUPR Basuki Hadimuljono itu menjelaskan, ada tiga kementerian nan secara berbarengan bakal pindah ke IKN lebih awal berbarengan dengan Presiden Jokowi, ialah Kementerian Kesekretariatan Negara, Kementerian PUPR, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi alias PAN RB.

"Artinya di fungsi-fungsi utama nan pindah pada tahap awal," kata Endra di Jiexpo Convention Center, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Agustus 2024. Adapun kementerian lain bakal menyusul berkantor di IKN setelah pembangunan perkantoran beres. "Tapi pada tahap awal, kementerian kegunaan utama nan bakal berkantor di IKN," ucap dia.

Pilihan Editor: Dulu Jokowi Kritik E-commerce Asing, Kini Kaesang Diduga Dapat Fasilitas Jet Pribadi Bos Shopee

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis