Jokowi Akan Kukuhkan Paskibraka HUT RI-79 Pada 12 Agustus di IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 03 Agu 2024 06:30 WIB

Presiden Jokowi dijadwalkan mengukuhkan 76 putra-putri Indonesia dari 38 provinsi untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) pada Senin (12/8). Ilustrasi paskibraka HUT RI di Istana Negara. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengukuhkan sebanyak 76 putra-putri Indonesia dari 38 provinsi untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka atau paskibraka pada Senin (12/8) mendatang.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengatakan pengukuhan terhadap pasukan Paskibraka nan bakal bekerja pada upacara peringatan HUT ke-79 RI itu bakal dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.

"Di Nusantara tanggal 12 Agustus," kata BPIP dalam keterangannya, Jumat (2/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BPIP menyebut format Paskibraka setiap tahunnya tidak berubah. Hal ini telah diatur sejak era Presiden Soeharto tepatnya pada tahun 1967 oleh Husein Mutahar nan sekarang mempunyai predikat Bapak Paskibraka Indonesia.

Namun, pada HUT RI tahun ini terdapat sedikit perbedaan. Nantinya, sejumlah personil Paskibraka 2023 bakal bekerja untuk kirab salinan bendera pusaka dari Jakarta ke IKN.

"Empat orang pembawa baki Purna Paskibraka tahun 2023 bakal bekerja untuk kirab salinan bendera pusaka dari Jakarta ke Nusantara," ujar BPIP.

Adapun 76 personil Paskibraka 2024 telah mengikuti seleksi berjenjang nan ketat mulai seleksi tingkat sekolah, wilayah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Seluruh Paskibraka Tingkat Pusat dijadwalkan bakal menjalani proses pemusatan pendidikan dan training (Diklat) di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur dari 13 Juli hingga 10 Agustus 2024.

Selama pelatihan, peserta bakal ditempa pemantapan nilai wawasan kebangsaan, kepemimpinan dan training baris-berbaris, serta pengasuhan untuk membentuk generasi nan tangguh, mandiri, dan berbudi pekerti Pancasila.

(thr/wiw)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional