Jokowi Bakal Ngantor di IKN Juli, PUPR: Sudah Kita Siapkan, Mudah-mudahan Sesuai Rencana

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Palangka Raya - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti, memastikan instansi presiden di IKN dapat mulai ditempati pada Juli.

“Kantor presiden juga alhamdulillah, mudah-mudahan akhir Juli ini kelak bilah-bilah garuda juga sudah. Sumbu kebangsaan nan di depan istana juga sudah selesai. Kantor menko-menko kelak fungsional untuk bisa digunakan. Jalan di depan istana presiden mudah-mudahan kelak bisa dikebut untuk Juli ini selesai semua,” kata Diana seperti dikutip dari Antara, Kamis, 27 Juni 2024.

Hal ini, menurut Diana, sesuai rencana Presiden Jokowi untuk berkantor di IKN pada bulan depan alias sebulan sebelum penyelenggaraan rangkaian aktivitas peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Sudah kita siapkan. Kemudian Pak Bas kan kelak bakal tinggal di sana, Presiden juga bakal tinggal di sana. Mudah-mudahan sesuai rencana,” ujar Diana.

Hal ini disampaikan Diana ketika mendampingi Presiden Jokowi pada Peresmian Rehabilitasi dan Renovasi Sarana dan Prasarana Pendidikan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada hari ini.

Soal pembangunan istana kepresidenan, menurut Diana, khususnya pada bagian lapangan, eksterior, dan interior sudah nyaris rampung tetapi tetap bakal diperlukan masa pemeliharaan.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebelumnya mengatakan jadi tidaknya Kepala Negara berkantor di IKN tetap menunggu kesiapan prasarana mendasar ialah pasokan air air bersih dan airport IKN, nan bakal berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Meskipun pembangunan airport ditargetkan rampung Agustus mendatang, Heru mengatakan tetap diperlukan pengecekan lebih lanjut dan memastikan izin operasional airport tersebut.

Iklan

"Ya kan ada air, ada bandara. Kemarin airport (ditargetkan) bisa selesai Agustus lah, ya. Dan hasil info nan saya dapat tentunya tetap perlu penyempurnaan," kata Heru.

Adapun pemerintah terus mematangkan persiapan rangkaian aktivitas peringatan HUT Ke-79 RI, nan bakal dimulai dengan aktivitas zikir berbareng pada 1 Agustus 2024.

Berbeda dari rencana awal untuk menyelenggarakan seluruh rangkaian aktivitas peringatan HUT tahun ini di IKN, Heru menyebut aktivitas selama 1-17 Agustus mendatang bakal diselenggarakan secara luring dan daring, di IKN dan Jakarta.

Lebih jauh, Diana memastikan PUPR terus mengupayakan kemajuan pembangunan beragam sarana dan prasarana di IKN agar siap digunakan sebelum Upacara HUT ke-79 RI pada Agustus mendatang.

Perihal prasarana IKN, kata Diana, terutama nan dari Kementerian PUPR secara keseluruhan baik dari air, bina marga, dan perumahan batch pertama sudah 82 persen terbangun. Kementerian PUPR menargetkan sejumlah prasarana mendasar ialah pasokan air minum, istana kepresidenan, instansi presiden, jalan tol, dan memorial park untuk bisa fungsional dan dimanfaatkan pada akhir Juli ini.

Pilihan Editor: Sri Mulyani Beberkan IKN Sudah Habiskan Anggaran Rp 72,5 Triliun: Kita Harapkan Bisa Digunakan 17 Agustus

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis