Jet Tempur F-16 Falcon dan T-50 Golden Eagle Beraksi di HUT ke-79 TNI

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 05 Okt 2024 11:27 WIB

Jet tempur jenis F-16 Falcon dan T-50 Golden Eagle meramaikan seremoni HUT ke-79 TNI di Monas pada Sabtu (5/10). Jet tempur jenis F-16 Falcon dan T-50 Golden Eagle meramaikan seremoni HUT ke-79 TNI di Monas pada Sabtu (5/10). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Jakarta, CNN Indonesia --

Suara gemuruh menyelimuti langit Monas, Jakarta pada Sabtu (5/10). Suara gemuruh itu datang dari belasan pesawat jet jenis F-16 Falcon dan T-50 Eagle milik TNI.

Belasan pesawat tempur itu unjuk gigi di langit Monas pada peringatan HUT ke-79 TNI. Mereka terbang dalam beragam susunan sembari sesekali menyemburkan flare.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ribuan penduduk nan datang terpukau, sembari menutup telinga lantaran bunyi gemuruh nan menyerupai bunyi petir.

Pada kesempatan itu, TNI melakukan pertunjukan, parade, alias defile ratusan perangkat utama sistem persenjataan (alutsista) mereka. Demo terbang pesawat jet menutup demo tersebut.

Sebelumya, ratusan pesawat dalam beragam jenis milik TNI lebih dulu membelah langit Monas. Mereka juga datang dengan beragam manuver dan formasi.

TNI dalam keterangannya mengumumkan parade HUT ke-79 TNI Tahun 2024 mengerahkan 30.206 personel pasukan dan 521 Alutsista dan 145 unit kendaraan klasik dan moge.

[Gambas:Video CNN]

Dari jumlah itu, 107 alutsista milik TNI AD, 120 alutsista milik TNI AL, dan 44 alutsista milik TNI AU. Lalu, ada 250 alutsista milik Kemhan, San 145 mobil klasik dan moge.

Acara tersebut berjalan setelah mereka menggelar upacara dengan Presiden Jokowi sebagai pengawas upacara. Jokowi tiba di letak aktivitas sekitar pukul 07.30 WIB berbareng Ibu Negara Iriana, Gibran Rakabuming Raka dan Jan Ethes.

Pembukaan HUT TNI ke-79 ditandai dengan penampilan drumband dari peserta didik akademi militer dan atraksi penerbangan dari Cessna dan Rajawali Laut di langit sekitar area Monas.

Setelah itu, pasukan upacara dari 22 batalyon pasukan TNI memasuki lapangan acara, diikuti dengan kehadiran Presiden RI Joko Widodo, dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

Acara inti HUT TNI Ke-79 dengan tema Nusantara Baru, Indonesia Maju tersebut meliputi laporan resmi, penghormatan kebesaran, serta penganugerahan tanda kehormatan.

Setelahnya, beragam demonstrasi dari satuan campuran TNI seperti free fall, pasukan berkuda, dan atraksi pesawat tempur tampil memukau para penonton.

(thr/chri)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional