Jokowi Buka Suara Usai Dituding Cawe-cawe di Balik Airlangga-Golkar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 13 Agu 2024 17:19 WIB

Jokowi merespons rumor dirinya cawe-cawe alias ikut kombinasi dalam pengunduran diri Airlangga Hartarto dari kedudukan Ketua Umum Partai Golkar. Jokowi respons rumor cawe-cawe buat Airlangga mundu dari Golkar. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah tudingan sejumlah pihak nan menyebut dirinya cawe-cawe alias ikut kombinasi dalam pengunduran diri Airlangga Hartarto dari kedudukan Ketua Umum Partai Golkar.

Jokowi menegaskan urusan pengunduran diri Airlangga dari partai berlambang pohon beringin itu merupakan ranah internal partai. Sehingga dirinya tidak terlibat di dalamnya.

"Tidak ada [cawe-cawe]," kata Jokowi usak meninjau lapangan latihan PSSI di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi pun meminta agar utusan partai ditanyakan langsung kepada Golkar ataupun Airlangga. Sebab menurutnya setiap partai politik mempunyai proses dan sistem masing-masing.

"Jangan saya mencampuri internal partai," ujarnya.

Kendati demikian, Jokowi memastikan pengunduran diri Airlangga dari pucuk ketua Golkar itu tidak bakal berpengaruh terhadap posisi Airlangga sebagai Menko Perekonomian di Kabinet Indonesia Maju.

"Oh jika di bawah Kabinet Indonesia Maju saya kira enggak ada masalah," ujar Jokowi.

Pengunduran diri Airlangga sebagai Ketua Umum Golkar sebelumnya disampaikan melalui sebuah video nan disebarkan pada Minggu (11/8) siang.

Dalam pernyataannya, Airlangga mengatakan Golkar selama ini telah jadi kebanggaan dan kekuatan kerakyatan di Indonesia. Ia pun mengatakan kerakyatan kudu terus dikawal dan dikembangkan.

Merespons keputusan Airlangga, DPP Partai Golkar bakal menggelar rapat pleno pada hari ini juga.

Ketua DPP Partai Golkar Dito Ariotedjo menyebut agenda rapat ialah menentukan pelaksana tugas (plt) ketua umum. Dia menjelaskan berasas AD/ART Golkar seluruh wakil ketua umum berkuasa menempati posisi itu.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional