Jokowi di Kongres NasDem: Datang Ramai-ramai, Bergitu Pergi Ditinggal

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyinggung ada pihak nan datang beramai-ramai dan pergi meninggalkan ketika hendak pergi.

"Biasanya datang itu ramai-ramai, terakhir begitu mau pergi, ditinggal ramai-ramai," kata Jokowi dalam pidatonya di pembukaan Kongres ke-III Partai NasDem, Jakarta, Minggu (25/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi tak menjelaskan pihak nan dia maksud dalam pidatonya tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa Surya Paloh dan NasDem takkan melakukan demikian.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyinggung pernah mencapai kesepakatan, hanya berselang sepekan, kesepakatan itu berubah.

Jokowi menyebut itu merupakan suatu perihal nan lumrah dalam politik. Perbedaan merupakan suatu keniscayaan.

"Saya pernah salaman hari ini salaman, sepakat, lampau seminggu kemudian beda. Enggak apa-apa, saya kira sangat bagus," kata Jokowi dalam pidatonya.

Pada saat nan sama, Jokowi menyinggung perbedaan pilihan politik Paloh di Pilpres 2024 lampau nan mengusung Anies dengan membawa narasi perubahan.

"Walaupun di 2024, sempat beda jalan. Bang Surya di satu perubahan, kemudian nan satunya di keberlanjutan. Ya ndak apa-apa, itu wajar. Kita bisa saling memahami dan kita bisa saling mengerti mengenai perbedaan itu," ujar dia.

Meski begitu, dia menyebut seluruhnya mempunyai cita-cita nan sama dalam memajukan Indonesia ke depan. Namun, menurutnya jalan nan ditempuh saja nan berbeda.

Pada saat nan sama, Jokowi mengatakan hubungannya dengan Paloh juga melangkah baik dan dekat satu sama lain.

Ia mengakui mereka memang kerap berbeda pendapat. Keduanya pun saling mengerti bahwa perihal itu lumrah dalam politik.

"Ketua partai nan banyak paling banyak berjumpa dan berbincang dengan saya adalah Pak Surya Paloh. Partner obrolan politik saya nan paling banyak kami berganti pikiran mengenai masa depan bangsa," ucapnya.

(mnf/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional