Jokowi Gelar Rapat Kabinet Perdana di IKN Hari Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menggelar rapat kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) hari ini. Dia sudah memanggil para menteri ke ibu kota negara baru.

Jokowi sudah tiba di IKN pada Minggu (11/8) sekitar pukul 17.50 WITA. Para menteri pun telah berdatangan sejak Sabtu (10/8).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkap sidang kabinet kali ini bakal membahas persiapan pergantian kekuasaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sidang kabinet itu perencanaan tahun depan, pertimbangan tahun ini. Apalagi ini di masa-masa akhir pemerintahan Pak Presiden Jokowi, kemudian transisi ke Presiden Prabowo, sekitar-sekitar itulah," ungkap Pratikno saat ditemui di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa (6/8).

Pagi ini, para menteri sudah berkumpul menjelang rapat kabinet perdana di IKN. Mereka duduk dan foto berbareng di Sumbu Kebangsaan.

Beberapa pejabat nan sudah tampak adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Lalu ada Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, datang pula Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, serta Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Begitu pula Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala Staf Presiden Moeldoko, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga hadir.

Tampak pula Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanudin, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Sambil menunggu rapat, mereka mengobrol ria. Ada momen para menteri tertawa berbual tentang Airlangga Hartarto nan baru mundur dari kedudukan Ketua Umum Partai Golkar.

Beberapa menteri juga bergantian memaparkan pekerjaan nan mereka tangani mengenai pemindahan ibu kota negara. Misalnya, Menteri PAN-RB Azwar Anas nan melaporkan kesiapan pemindahan abdi negara negara.

"Kami atas saran dari Bapak Presiden telah melakukan rapat secara perincian dengan para sekjen di kementerian/lembaga. Berbagai skenario, by name by address, telah kami siapkan. Tentu kami menyesuaikan kediaman nan disiapkan di IKN," ujar Anas.

(dhf/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional