Jokowi: Infrastruktur Kunci Datangnya Investasi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo namalain Jokowi mengatakan prasarana menjadi aspek krusial untuk mendatangkan investasi. Karena itu, selama menjabat dua periode, dia konsentrasi pada pembangunan infrastruktur. Mulai dari jalan tol, jalan nasional, bandara, hingga pelabuhan.

"Begitu infrastrukturnya tidak baik, siapa penanammodal nan mau masuk ke Indonesia? Tidak ada lantaran prasarana menjadi kunci datangnya investasi,” ujar Jokowi dalam pidatonya di aktivitas Refleksi dan Catatan 10 Tahun Pemerintahan Jokowi di Bidang Konstruksi, Infrastruktur dan Investasi, nan digelar di Menara Bank Mega, Rabu, 31 Juli 2024.

Ia juga mengatakan pembangunan prasarana mendorong naiknya tingkat daya saing Indonesia di level global. “World competitiveness ranking kita naik, dari 34 melompat ke 27,” ujar kepala negara.

Manfaat lainnya, Jokowi melanjutkan, pembangunan prasarana bisa mengurangi  biaya logistik dari 24 persen menjadi 14 persen. Karena itu, Jokowi mengklaim, harga-harga peralatan bisa ditekan sehingga menjadi lebih murah.  “Ini bisa terlihat dari nomor inflasi,” ujar Jokowi.

Iklan

Eks Gubernur Jakarta itu berujar, berkah pembangunan infrastruktur, nomor inflasi nan sebelumnya  mencapai 8, 9, apalagi 11, bisa menjadi di bawah 3 persen. “Dan terakhir, bulan lalu, inflasi berada di nomor 2,58 persen,” kata dia.

Pilihan Editor: Edisi Khusus 10 Tahun Jokowi: Pekerja Celaka lantaran UU Cipta Kerja

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis