Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Upacara di IKN, Diklaim Siap 90 Persen

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 10 Jun 2024 12:08 WIB

Presiden Jokowi mengumpulkan sejumlah menteri di Istana untuk membahas kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar upacara HUT ke-79 RI. Ritual Kendi Nusantara di Titik Nol IKN. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan Jakarta untuk membahas kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) menggelar upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Dalam rapat itu, turut dibahas progres pembangunan IKN. Pemerintah menyebut pembangunan IKN sudah 90 persen dari target.

"Tadi laporan Pak Menhub sudah di atas 90 persen," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Muhadjir menjelaskan jalan tol dari Balikpapan ke IKN sudah nyaris selesai. Dia menyebut akomodasi itu bakal siap dipakai akhir Juli.

Begitu pula Bandara IKN nan disebut rampung akhir Juli. Dengan airport ini, siapa pun nan bakal ke IKN tak perlu mendarat di Balikpapan dan melanjutkan perjalanan darat.

Muhadjir mengatakan semua dipersiapkan dengan matang. Ia membantah persiapan IKN dikebut.

"Ya enggak buru-burulah, sudah disiapkan lama kok itu," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mencanangkan upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di IKN. Rencana ini beriringan dengan proses pemindahan ibu kota negara.

Meski begitu, rencana mulai berubah seiring waktu. Pemerintah tetap menggelar upacara di IKN, tetapi juga tak menghapus upacara di Jakarta.

"Sebagian di IKN, sebagian di sini. Pak Presiden nan mimpin (di IKN), Pak Wapres nan (memimpin di Jakarta)," ungkap Menko PMK Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6).

"Nanti Pak Wapres Terpilih bakal mendampingi Wapres (Ma'ruf Amin), sedangkan Presiden Terpilih bakal mendampingi Presiden," ucapnya.

(dhf/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional