Jokowi Kumpulkan Menteri di Istana, Rancang APBN 2025 untuk Prabowo

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 05 Agu 2024 10:32 WIB

Saat membuka ratas di istana, Jokowi meminta semua menterinya memerhatikan program Prabowo-Gibran dan situasi bumi dalam menyusun RAPBN 2025. Presiden Jokowi saat memimpin ratas beberapa waktu lalu. (Biro Setpres/Kris)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para menteri di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8) pagi.

Salah satu agenda utama rapat pagi ini adalah merancang Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) nan bakal dikelola Presiden terpilih Prabowo Subianto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi meminta semua program Prabowo diakomodasi dalam rancangan APBN 2025. Dia meminta para menterinya mencermati program Prabowo-Gibran dalam penyusunan RAPBN 2025.

"Saya mau di dalam rencana rancangan APBN 2025 ini mengakomodasi semua program presiden terpilih," kata Jokowi membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin pagi ini.

Selain itu, Jokowi mengatakan RAPBN 2025 kudu dibuat dengan kewaspadaan terhadap situasi dunia. Salah satu nan dia soroti adalah potensi perlambatan ekonomi global.

Dia berbicara ancaman terhadap APBN 2025 bisa berasal dari kebijakan suku kembang negara lain hingga kondisi geopolitik nan memanas. Untuk mengantisipasi itu, Jokowi menilai Indonesia perlu punya lebih banyak pemasukan.

"Optimalkan langkah-langkah untuk peningkatan sasaran penerimaan negara. Saya mau menggarisbawahi kemudahan berinvestasi," ujarnya.

Jokowi menutup pembukaan ratas dengan meminta RAPBN 2025 konsentrasi untuk program tertentu. Menurutnya, pemerintah tak bisa menjalankan banyak program dengan anggaran nan terbatas.

Jokowi bakal mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober mendatang. Prabowo Subianto telah terpilih sebagai presiden berikutnya berasas Pilpres 2024.

Anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi wakil presiden Prabowo. Keduanya bakal menjabat hingga 2029.

(dhf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional