Jokowi Minta Penduduk di Pulau Ruang Direlokasi, Desa Dikosongkan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui dan menginstruksikan agar seluruh masyarakat di Pulau Ruang direlokasi imbas erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Muhadjir mengatakan sebanyak 301 Kepala Keluarga (KK) itu bakal dipindahkan ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Terkait persiapan lahan dan pendataan menurutnya bakal disiapkan Gubernur Sulut.

"Beliau [Presiden Jokowi] menyetujui seluruh masyarakat nan ada di Pulau Ruang nan jumlahnya sekitar 301 KK itu bakal direlokasi," kata Muhadjir usai rapat terbatas berbareng Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya untuk menyediakan lahan pertanian dan perkebunan untuk ratusan KK nan direlokasi tersebut.

Jokowi juga memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera melakukan pembangunan gedung relokasi nan sesuai dengan standar dari kebencanaan. Dana pembangunan menurutnya bakal dialokasikan dari biaya siap pakai BNPB.

Muhadjir mengatakan Jokowi pun meminta kementerian/lembaga mengenai untuk memastikan sekitar 12 ribu orang nan mengungsi di sekitar Gunung dan Pulau Ruang tidak ada nan terabaikan alias terlantar.

"Arahan dari bapak Presiden agar penanganan pengungsi kudu dilakukan sebaik-baiknya," ujar Muhadjir.

Setelah kembali erupsi pada Selasa (30/4) lalu, saat ini aktivitas vulkanik dan kegempaan Gunung Ruang condong landai. Namun, PVMBG tetap menyematkan status level IV alias hati-hati untuk gunung api bertipe strato tersebut.

PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Ruang tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Sedangkan masyarakat nan bermukim di wilayah Pulau Tagulandang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat kondusif di luar radius enam kilometer.

Kemudian, masyarakat di Pulau Tagulandang khususnya nan bermukim di dekat pantai agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami akibat material erupsi nan masuk ke laut alias runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

Bantuan untuk 4.700 pengungsi

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey memastikan support logistik untuk penduduk Pulau Tagulandang nan terkena akibat erupsi Gunung Ruang bakal diberikan tepat sasaran. Selain itu, dia mengatakan seluruh penduduk nan mengungsi telah terdata.

Bahkan, kata Olly, warga nan tidak berada di tempat pengungsian nan didirikan pemerintah tetap bakal mendapatkan bantuan.

"Warga nan berada di Manado sudah terdata dengan baik, sehingga penduduk nan di Manado sementara di tampung di rumah-rumah kerabatnya tetap diberikan bantuan. Jadi tidak ada persoalan tentang bantuan, kita sudah tangani dengan baik," kata Olly di Kabupaten Sitaro, Jumat.

Olly menyebut akibat erupsi Gunung Ruang ini sebanyak 4.700 jiwa nan telah mengungsi ke tiga wilayah di Sulut.

"Data nan ada di Provinsi Sulut, bahwa dari penduduk Tagulandang ini nan sudah masuk Manado, Bitung, dan Minahasa Utara, kurang lebih 4.700 orang. Jadi support tetap diberikan walaupun mereka tinggal di rumah keluarga," ungkapnya.

Pemerintah Sulut telah mendirikan tempat pengungsian nan kondusif dari erupsi Gunung Ruang nan berada di Kota Manado, Bitung dan Minahasa Utara.

"Kita memandang Gunung Ruang ini dalam waktu sangat singkat, erupsi pertama dan erupsi kedua. Ini sangat mengkhawatirkan jika mereka tidak mengungsi ke Kota Manado," tuturnya.

Sementara ini, kata Olly, BPBD Sulut tetap menghitung jumlah rumah penduduk nan terdampak erupsi Gunung Ruang baik nan mengalami rusak berat, sedang dan rusak ringan.

(khr, mir/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional