Jokowi Naik Innova Zenix ke Misa Akbar Demi Hormati Paus Fransiskus

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 05 Sep 2024 14:04 WIB

Jokowi bakal kembali menggunakan mobil MPV Toyota Innova Zenix di Misa Akbar berbareng Paus Fransiskus di GBK, Jakarta. Jokowi bakal gunakan mobil nan digunakan Paus Fransiskus di Jakarta. (REUTERS/Willy Kurniawan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan kembali menggunakan mobil MPV Toyota Innova Zenix di Misa Akbar bersama Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK) sore hari ini.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan pemilihan mobil itu sebagai corak penghormatan. Paus Fransiskus menggunakan mobil nan sama selama berada di Indonesia.

"Kalau datang menghadiri misa Paus dengan kendaraan itu juga wajar karena Paus juga menggunakan kendaraan nan sama," kata Hasan melalui pesan singkat, Kamis (5/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menambahkan, "Itu corak penghormatan."

Hasan mengatakan mencari persamaan dibanding perbedaan sangat krusial dalam diplomasi dan komunikasi. Hal itu nan sedang dilakukan Jokowi dengan mengganti mobil kepresidenan untuk sementara.

Jokowi, ucap Hasan, sering melakukan perihal serupa di kesempatan lain. Misalnya, menggunakan busana nan senada dengan partai politik saat bersilaturahmi.

"Sama seperti ketika menghadiri aktivitas partai, presiden juga nyaris selalu menggunakan busana nan senada dengan warna partai tersebut," ujarnya.

"Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa melangkah lebih hangat," ucapnya.

Sebelumnya, Paus Fransiskus memilih mobil MPV Toyota Zenix untuk kendaraan selama berjamu ke Indonesia. Pilihan itu menjadi sorotan publik lantaran mencerminkan kesederhanaan Paus.

Usai pertemuan dengan Paus kemarin, Jokowi juga menggunakan mobil nan sama. Dia menggunakan Toyota Zenix berwarna hitam untuk pulang ke Istana Kepresidenan Bogor kemarin sore.

Dia juga bakal menggunakannya untuk aktivitas Misa Akbar sore ini. "Iya benar, besok pun beliau bakal gunakan mobil tersebut," kata Danpaspampres Mayjen Achiruddin.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional