Jokowi Optimis PAN Masuk Jajaran Tiga Partai Terbesar RI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku optimistis Partai Amanat Nasional (PAN) bakal masuk deretan tiga partai politik terbesar di Indonesia.

Jokowi menilai demikian karena menurutnya parpol nan dinakhodai Zulkifli Hasan namalain Zulhas itu mempunyai pendapat dan penemuan nan baik, khususnya untuk anak-anak muda.

Adapun berasas hasil bunyi Pemilu 2024, PAN berada di ranking delapan alias terbawah dari parpol-parpol nan lolos ke Parlemen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya optimis PAN bakal bisa masuk jejeran tiga partai terbesar di Indonesia dengan seluruh ide-ide dan gagasannya," kata Jokowi dalam sambutannya di pembukaan Kongres ke-VI dan HUT PAN ke-26 di Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Selain itu, Jokowi juga meyakini Zulhas bakal kembali memimpin PAN. Sebab dia menilai di bawah kepemimpinan Menteri Perdagangan itu, PAN semakin terdepan.

"Maka sepertinya, sepertinya lho ya, keberlanjutan kepemimpinan Pak Zulhas di PAN, saya rasa memang besar, ada harapan. Seperti jingle nya PAN, seperti lagunya PAN, PAN pasti ada angan bareng Pak Zulkifli Hasan," imbuhnya.

Di sisi lain, Jokowi juga menilai PAN merupakan partai nan konsisten. Ia mengingatkan PAN sudah tiga kali mendukung Prabowo Subianto maju di Pilpres ialah pada 2014, 2019, dan 2024.

Oleh karena itu, kata Jokowi, wajar andaikan PAN mendapat jatah bangku menteri di Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ia pun 'menyenggol' Sekjen Gerindra Ahmad Muzani nan datang di lokasi.

"Mestinya ada tambahan, tiga kali Pak Muzani, tiga kali, konsisten. Tambahannya itu terserah Pak Prabowo lantaran beliau nan mempunyai kewenangan prerogatif Presiden, paling enggak saya mengingatkan, sudah mengingatkan," ujar Jokowi.

Zulhas bakal ditetapkan sebagai ketua umum PAN periode 2024-2029 secara aklamasi dalam Kongres ke-VI PAN nan digelar pada 23-24 Agustus 2024.

Zulhas pun sudah menjabat Ketua Umum PAN selama dua periode ialah 2015-2020 dan 2020-2024. Zulhas telah mengantongi support resmi nan ditandatangani oleh 38 DPW dan 514 DPD PAN seluruh Indonesia.

(khr/pua)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional