Jokowi Pakai Adat Betawi di Sidang MPR: Simbol Terima Kasih ke Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

PIDATO KENEGARAAN 2024

CNN Indonesia

Jumat, 16 Agu 2024 13:16 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju budaya Betawi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju budaya Betawi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju budaya Betawi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Abetnego Tarigan menjelaskan pemilihan busana baju budaya Betawi sebagai simbol terima kasih untuk Kota Jakarta sebagai ibu kota dalam pidato kenegaraan Jokowi nan terakhir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Presiden memaknai busana budaya Betawi sebagai simbol terima kasih untuk Kota Jakarta nan sudah resmi menjadi Ibu Kota sejak tahun 1966," kata Abetnego dalam keterangannya, Jumat (16/8).

Abetnego menyebut busana budaya nan dipilih oleh Jokowi kali ini mencerminkan nilai-nilai kesopanan, ketaatan terhadap agama, kekuatan, dan kebijaksanaan nan disimbolkan dari warna dan motif nan tegas dan berani, serta kebijaksanaan nan sangat dihormati dalam budaya Betawi.

"Betawi merepresentasikan wajah Indonesia, jauh sebelum Indonesia merdeka, mengenai akulturasi nan kuat dari beragam suku bangsa di Indonesia," katanya.

Abetnego menjelaskan filosofi di kembali baju budaya Betawi nan dikenakan Jokowi. Yakni sebagai simbol perjuangan berbareng selama 10 tahun ini dalam menghadapi beragam tantangan bangsa demi memajukan Indonesia.

"Seperti halnya busana ini nan telah memperkuat melintasi zaman, bangsa Indonesia juga telah menunjukkan ketangguhan dan kegigihan dalam membangun negeri dengan gambaran nilai-nilai luhur," ujarnya.

Dalam pidato di sidang tahunan nan terakhirnya, Jokowi menyampaikan permintaan maaf. Bahkan dia sampai mengulangnya sebanyak empat kali.

Jokowi juga menitipkan Indonesia kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional