Jokowi Pamit di Sidang Tahunan: Maaf untuk Setiap Hati yang Kecewa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

PIDATO KENEGARAAN 2024

CNN Indonesia

Jumat, 16 Agu 2024 11:04 WIB

Presiden Joko Widodo menyampaikan permintaan maaf dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI. Dia meminta maaf atas kesalahan selama menjabat presiden. Presiden Joko Widodo menyampaikan permintaan maaf dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI. Dia meminta maaf atas kesalahan selama menjabat presiden. (TV Parlemen)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menyampaikan permintaan maaf dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI. Dia meminta maaf atas kesalahan selama menjabat presiden.

Jokowi mengatakan telah berupaya penuh memberikan nan terbaik. Namun, dia memahami pencapaiannya tak bisa menyenangkan semua pihak.

"Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin minta maaf. Mohon maaf untuk setiap hati nan mungkin kecewa, untuk setiap angan nan mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita nan mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami minta maaf," kata Jokowi di Sidang Tahunan MPR di Jakarta, Jumat (16/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi mengatakan tugas menjadi presiden dan wakil presiden berat. Dia sudah menyadari perihal itu sejak hari pertama mengemban kedudukan ini. Meski begitu, dia tak menyerah. Jokowi sadar dia tak sendirian menghadapi beragam tantangan. Dia percaya ada rakyat nan selalu mendukung dan mendoakan.

"Senyum, sapa, dan angan Bapak, Ibu, dan saudara-saudara se-Bangsa se-Tanah Air adalah sumber kekuatan saya," ujarnya.

"Izinkan kami menyampaikan terima kasih nan tulus. Terima kasih nan sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu semua. Kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah meminta maaf kepada rakyat. Hal itu dia sampaikan pada aktivitas zikir dan angan kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta, 1 Agustus 2024.

(dhf/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional