Jokowi Resmi Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Gantikan Risma

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 11 Sep 2024 09:11 WIB

Jokowi resmi melantik Sekjen PBNU Saifullah Yusuf namalain Gus Ipul sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju. Gus Ipul resmi dilantik jadi Mensos oleh Jokowi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sekjen PBNU Saifullah Yusuf namalain Gus Ipul sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa kedudukan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini nan mundur dari Kabinet Indonesia Maju lantaran mengikuti Pilkada 2024.

Gus Ipul dilantik berasas Keputusan Presiden Nomor 102/P tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah kedudukan Gus Ipul.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya berjanji bahwa saya bakal setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta bakal menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas kedudukan bakal menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Jokowi mendiktekan sumpah kedudukan nan diikuti oleh Gus Ipul.

Acara pelantikan kemudian dilanjutkan penandatanganan buletin aktivitas sumpah jabatan, dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi untuk kemudian diikuti para tamu undangan terbatas nan hadir.

Selain Gus Ipul, sejumlah pejabat lain juga dilantik dalam Reshuffle Kabinet kali ini, ialah Aida Suwandi Budiman sebagai personil Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Irjen Pol Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Turut datang dalam aktivitas pelantikan tersebut ialah Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto, serta Mensesneg Pratikno.

Terlihat pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Adapun Kabinet Indonesia Maju bakal berhujung pada 20 Oktober 2024 seiring dengan suksesi kepemimpinan nan beranjak ke tangan Prabowo Subianto.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional