Jokowi Resmikan Gedung Pelayanan Kanker RS Dharmais: Serasa Masuk Hotel Bintang Lima

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo pada Jumat hari ini, 30 Agustus 2024 meresmikan gedung jasa kanker baru milik Pusat Kanker Nasional Rumah Sakit Kanker Dharmais Kementerian Kesehatan, ialah Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak Rumah Sakit Kanker Dharmais, Kota Jakarta Barat, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian gedung tersebut dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelum memberi sambutan peresmian, Kepala Negara sempat mengecek langsung gedung baru tersebut. Jokowi pun mengagumi gedung baru tersebut nan dianggapnya seperti berada di hotel bintang lima, mulai dari bangunannya hingga desainnya.

"Saya tadi masuk ke gedung baru Rumah Sakit Dharmais, serasa masuk ke hotel bintang lima, bangunannya rapih, desainnya bagus, lampunya juga terang benderang lantaran saya biasa masuk ke rumah sakit wilayah itu kok gelap, sedih. Ini tadi terang benderang dan nan saya kagum peralatannya betul-betul super canggih, digital semuanya," ucap Jokowi.

Presiden mengungkapkan bahwa anggaran nan dihabiskan untuk pembangunan gedung baru RS Dharmais tersebut juga tidak sedikit. Adapun, gedung tersebut dibangun sejak 2022 dengan support biaya dari Islamic Development Bank (IDB).

"Memang anggaran nan dihabiskan juga tidak kecil, bukan sedikit uangnya nan berasal dari Islamic Development Bank. Anggaran untuk gedung Rp427 miliar, hanya untuk gedungnya. Untuk anggaran peralatan rumah sakitnya Rp313 miliar plus tetap untuk SDM-nya Rp37 miliar. Tolong dijumlahkan berapa tadi, sangat besar sekali," ungkapnya.

Namun, Jokowi menegaskan dia tidak mempermasalahkan pemerintah mengeluarkan anggaran nan besar. Asal, kata dia, anggarannya betul-betul tepat sasaran seperti contohnya pembangunan Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak RS Kanker Dharmais tersebut.

Iklan

"Tidak apa-apa, pemerintah berinvestasi, mengeluarkan anggaran, tidak ada masalah. Asal anggarannya itu betul-betul tepat sasaran. Bisa menyelesaikan persoalan-persoalan pelayanan kesehatan, utamanya kanker bagi ibu dan anak-anak kita, nan paling krusial itu," kata Jokowi.

Dalam sambutannya itu, Jokowi juga mengapresiasi pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta di Kabupaten Sleman, DIY dan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, Jawa Barat nan telah diresmikannya masing-masing pada Rabu (28/8) dan Kamis (29/8).

"Semuanya seperti masuk ke hotel bintang 5 semuanya," ucap Jokowi.

Untuk itu, Presiden kembali menegaskan bahwa jika anggarannya digunakan tepat sasaran, maka hasilnya pun tidak mengecewakan. "Ini jika duit digunakan bener ya seperti ini. Kalau duit digunakan tidak benar, terlihat bangunannya pasti. Desainnya sudah tidak baik, kelak pembangunannya juga terlihat lenggak-lenggok tidak lurus. Kelihatan semuanya," tuturnya.

Peresmian Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak RS Kanker Dharmais ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Pilihan Editor: Sang Pisang Sepi, nan Ayam Kaesang juga Ditinggal Pembeli

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis