Jokowi Resmikan Injeksi Bauksit Perdana Pabrik Alumina Raksasa Inalum-Antam

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Jokowi meresmikan injeksi bauksit perdana SGAR PT. Borneo Alumina Indonesia di Mempawah, Kalimantan Barat, pada Selasa, 24 September 2024. Proyek pabrik pemurnian bauksit ini merupakan upaya patungan antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dengan PT Aneka Tambang Tbk. (Antam).

“Pembangunan smelter ini merupakan upaya kita untuk menyongsong Indonesia menjadi negara industri. Mengolah sumber daya alam kita sendiri dan tidak lagi mengekspor bahan-bahan mentah,” klaim Jokowi dalam sambutannya, dipantau dari Siaran Langsung Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan kebutuhan aluminium di dalam negeri saat ini 1,2 juta ton. Namun 56 persen dari demand tersebut dipenuhi oleh impor. Dengan produksi bauksit di PT. Borneo Alumina Indonesia (BAI), Jokowi meyakini bahwa Indonesia bisa menghemat devisa Rp 50 triliun.

Proyek SGAR merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional nan dikelola BAI, perusahaan campuran antara PT Inalum 60 persen dan PT Antam Tbk. 40 persen.  SGAR Fase 1 dibangun di atas lahan seluas 247 hektare. Pabrik peleburan ini bakal menyerap sekitar 3,3 juta ton bauksit dengan menghasilkan 1 juta ton alumina per tahun.

Untuk SGAR Fase I, konsorsium menggelontorkan shopping modal (capex) sebesar US941 juta alias Rp14,29 triliun. Proyek SGAR direncanakan bakal terbagi ke dalam 2 fase dengan total perkiraan biaya investasi sebesar US$ 1,7 miliar alias Rp25,6 triliun.

Iklan

Kemarin, Senin, 23 September 2024, Presiden Jokowi membuka smelter tembaga dan logam mulia PT Amman Mineral Internasional di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Pada hari nan sama di sore hari, Jokowi meresmikan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

Jokowi menekankan Indonesia kudu mandiri. “Yang lain-lain nanti, pemerintah baru pasti akan.. Timah, batu bara, semuanya ada smelternya. Tembaga, emas, nikel, semuanya. Dan memang kudu secepatnya diturunkan pada produksi-produksi turunan,” kata Jokowi usai meresmikan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Senin, 23 September.

Pilihan Editor: Mengintip Warisan Utang Jokowi untuk Prabowo, Lampaui Warisan Utang SBY?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis