Jokowi Resmikan Rehabilitasi Pasar Jongke di Solo: Mal Aja Kalah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 27 Jul 2024 09:25 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi Pasar Jongke nan berlokasi di Kota Surakarta (Solo) pada Sabtu (27/7) pagi. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi Pasar Jongke nan berlokasi di Kota Surakarta (Solo) pada Sabtu (27/7) pagi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi Pasar Jongke nan berlokasi di Kota Surakarta (Solo) pada Sabtu (27/7) pagi.

Jokowi meresmikan salah satu pasar di Solo itu didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Turut datang pula Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Dujana dan Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan rehabilitasi Pasar Jongke seluas 29 ribu [meter persegi] nan menghabiskan anggaran Rp124 miliar di kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah saya resmikan," ucap Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam sambutan itu, Jokowi mengaku terkejut memandang perubahan Pasar Jongke. Pasar itu, ujar Jokowi, berubah menjadi lebih bagus setelah rehabilitasi.

Ia apalagi menilai salah satu pasar ikonis di Solo itu lebih unggul dibanding mal. Namun, di kembali itu, Jokowi menekankan pentingnya keberadaan akomodasi penunjang nan berkualitas, seperti area parkir motor dan mobil.

"Saya sendiri juga kaget lihat pasar kayak gini. Menurut saya, mal saja kalah," ungkap Jokowi.

"Tapi nan krusial pasar ini memang kudu ada tempat parkir nan baik sehingga pembeli nyaman, baik parkir untuk sepeda motor maupun mobil," lanjutnya.

Jokowi kemudian mengingatkan para pedagang untuk bisa melayani pembeli dengan ramah. Ia juga berambisi pedagang dan pengelola Pasar Jongke dapat menjaga kebersihan lingkungan.

Presiden asal Solo itu meminta agar Pasar Jongke tetap higienis dan tidak aroma lantaran sudah direhabilitasi menjadi lebih tertata rapi serta bagus.

"Yang paling krusial saya minta pasar ini betul-betul dijaga dengan baik kebersihannya, higienisnya, jangan sampai kotor dan bau," ujar Jokowi.

"Karena tadi saya masuk ke dalam betul-betul manajemen di dalamnya sangat baik," sambung Jokowi.

Dikutip dari detikcom, rehabilitasi Pasar Jongke itu dibangun dengan tiga lantai nan berdiri di atas lahan seluas 17.414 meter. Luas gedung pasar nan terletak di Kecamatan Laweyan itu mencapai 29.542 meter persegi.

Pasar Jongke dapat menampung hingga 1.601 pedagang nan bakal mulai menempati kios-kios setelah diresmikan.

(frl/asr)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional