Jokowi Respons 5 Nahdliyin Menghadap Presiden Israel

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 16 Jul 2024 13:08 WIB

Jokowi mengingatkan sikap Indonesia terhadap agresi Israel ke Palestina sudah jelas, ialah merujuk pada alinea keempat pembukaan UUD 1945. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta polemik lima orang dari kalangan muda Nahdlatul Ulama (NU) nan berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog langsung ditanyakan kepada PBNU. (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta polemik lima orang dari kalangan muda Nahdlatul Ulama (NU) nan berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog langsung ditanyakan kepada PBNU.

Jokowi hanya mengingatkan sikap Indonesia terhadap agresi Israel ke Palestina sudah jelas, ialah merujuk pada alinea keempat pembukaan UUD 1945.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya ditanyakan saja ke PBNU. Karena sikap pemerintah itu jelas, sesuai pembukaan UUD 1945, jelas sekali," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7).

Jokowi menyebut Indonesia selalu berpegang pada kepercayaan untuk melaksanakan ketertiban bumi nan berasas kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

"Jadi tolong ditanyakan ke PBNU," ujarnya.

Foto lima Nahdliyin berjumpa dengan Presiden Israel Isaac Herzog beredar di media sosial. Pertemuan tersebut menuai kecaman luas dari publik.

Mereka antara lain Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, Syukron Makmun dan Izza Annafisah Dania. Belum jelas kapan pertemuan tersebut terjadi.

PBNU pun telah mengecam keras tindakan mereka. Ketua PBNU Ulil Abshar Abdalla menganggap pertemuan nahdliyin di tengah agresi Israel ke Palestina itu sebagai sebuah tindakan nan tidak dapat diterima.

Senada, Ketua PBNU Mohamad Syafi' Alielha alias Savic Ali menilai apa nan dilakukan lima Nahdliyin itu sebagai tindakan orang nan tidak memahami kondisi geopolitik dan tidak mengerti kebijakan NU secara organisasi.

Ia menegaskan kunjungan kelima penduduk NU itu tidak atas nama organisasi. PBNU juga belum mengetahui atas support alias sponsor pihak mana sehingga mereka berangkat ke Israel.

Savic pun menilai tindakan mereka dapat memperburuk gambaran NU di mata masyarakat luas. Padahal, sikap PBNU dan Nahdliyin menurutnya sangat jelas, ialah berdiri di sisi Palestina dan mengecam agresi militer Israel.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional