Jokowi Sebut Progres IKN Capai 15 Persen pada 17 Agustus 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 16 Jul 2024 13:48 WIB

Presiden Jokowi memperkirakan progres keseluruhan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara baru mencapai 15 persen pada seremoni HUT ke-79 RI. Presiden Jokowi memperkirakan progres keseluruhan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara baru mencapai 15 persen pada seremoni HUT ke-79 RI. Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan progres keseluruhan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur baru mencapai 15 persen pada seremoni hari ulang tahun Indonesia ke-79.

"Paling kelak di 17 Agustus itu jika dihitung semuanya secara keseluruhan itu ya 15 persen," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7).

Jokowi pun menegaskan IKN merupakan proyek pembangunan jangka panjang sehingga tidak bisa dikerjakan secara instan dalam 2-3 tahun saja, melainkan butuh belasan apalagi puluhan tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pembangunan di IKN menurutnya tetap memerlukan sokongan penanammodal dari dalam maupun luar negeri. Hal itu nan menurutnya tengah diusahakan pemerintah saat ini.

"Itu nan sedang kita kejar. Kalau pemerintah kan tanggungjawab dari gedung-gedung pemerintahan, Istana Presiden, Wakil Presiden dan oleh lantaran itu 100 persen dari APBN," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga membeberkan hambatan dirinya nan tetap belum berkantor di IKN hingga pertengahan Juli 2024 ini.

Jokowi menyebut tetap ada sejumlah akomodasi di IKN nan belum siap. Selain itu, dia mengungkap aspek hujan deras menyebabkan progres pembangunan IKN terhambat.

"Kemarin memang targetnya kan Juli, tetapi coba lihat ke IKN, seminggu di sana, tiap hari hujan terus, hujan deras banget," ujar Jokowi.

"Jadi memang pekerjaan banyak nan mundur, dan itu biasa dalam proyek besar," imbuhnya.

(khr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional