Jokowi Segera Kirim Nama Capim KPK ke DPR: Tunggu Administrasi Setneg

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 06 Okt 2024 11:52 WIB

Jokowi mengaku bakal segera menyerahkan nama capim dan dewas KPK kepada DPR dalam waktu dekat. Jokowi mengaku bakal segera menyerahkan nama capim dan dewas KPK kepada DPR dalam waktu dekat. (Tangkapan layar YouTube Puspen TNI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bakal segera menyerahkan nama-nama calon ketua (capim) dan majelis pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada DPR dalam waktu dekat.

Jokowi mengatakan saat ini proses arsip tetap diproses di Kementerian Sekretariat Negara sebelum kemudian dilayangkan ke lembaga legislatif.

"Menunggu selesainya manajemen dari Setneg. Kalau sudah selesai kelak dibawa ke saya, tanda tangani," kata Jokowi usai menghadiri Nusantara TNI Fun Run 2024 di area IKN, Kalimantan Timur, Minggu (6/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun Presiden Jokowi telah menerima nama-nama capim dan calon dewas KPK nan lolos hingga tahap wawancara dari panitia seleksi (pansel) KPK.

Penyerahan nama-nama itu berjalan di Ruang Holding Base Off Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (1/10) alias sebelum Jokowi bertolak ke NTT untuk kunjungan kerja.

Jumlah nama nan diserahkan Pansel KPK ialah masing-masing 10 untuk capim dan calon dewas KPK. Nantinya nama-nama Capim itu bakal diberikan ke DPR untuk selanjutnya dilakukan fit and proper test.

Sebelumnya, sebanyak 10 nama calon ketua dan 10 calon personil majelis pengawas periode 2024-2029 dinyatakan lulus tes wawancara dan jasmani nan berjalan dari 17-20 September 2024 lalu.

Adapun 10 calon ketua KPK nan lolos ialah Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Ibnu Basuki Widodo, Ida Budhiati, Johanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Poengky Indarti, dan Setyo Budiyanto.

Sementara untuk 10 calon dewas nan lolos, mereka ialah Benny Jozua Mamoto, Chisca Mirawati, Elly Fariani, Gusrizal, Hamdi Hassyarbaini, Heru Kreshna Reza, Iskandar Mz, Mirwazi, Sumpeno, dan Wisnu Baroto.

(khr/pta)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional