Jokowi Senang NasDem Akhirnya Gabung Prabowo, Singgung Keberlanjutan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengaku senang akhirnya Partai NasDem memilih untuk berasosiasi mendukung pemerintahan mendatang di bawah Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming.

Menurut Jokowi keputusan NasDem bergabung mendukung pemerintahan Prabowo pada periode 2024-2029 krusial bagi keberlanjutan pembangunan. 

"Saya senang mendengar tadi nan disampaikan oleh Bapak Surya Paloh dan Partai NasDem nan menyatakan bakal mendukung penuh pemerintahan ke depan di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto," kata Jokowi, dalam pidatonya di pembukaan Kongres ke-III Partai NasDem, Jakarta, Minggu (25/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada Pemilu 2024 lalu, NasDem bersama PKB dan PKS membentuk koalisi dengan mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Namun begitu, jumlah bunyi pasangan tersebut tetap jauh dari Prabowo-Gibran yang akhirnya memenangi Pilpres 2024. 

Setelah pilpres, NasDem akhirnya memilih berasosiasi dan masuk dalam Koalisi Indonesa Maju Plus. Bahkan, pada Pilkada DKI Jakarta 2024, NasDem turut mendukung pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung KIM Plus. 

Dalam kesempatan nan sama, Jokowi turut menyinggung ada pihak nan datang beramai-ramai dan meninggalkan juga ketika hendak pergi.

"Biasanya datang itu ramai-ramai, terakhir begitu mau pergi, ditinggal ramai-ramai," kata Jokowi.

Jokowi tak menjelaskan pihak nan dia maksud dalam pidatonya tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa Surya Paloh dan NasDem tidak melakukan perihal demikian.

Pada saat nan sama, Paloh mengucapkan terima kasih kepada Jokowi. Ia merasa Jokowi telah memberikan banyak pelajaran politik nan berbobot kepada NasDem.

Ia menyatakan NasDem bakal terus mendukung pemerintahan Jokowi hingga akhir jabatannya di Oktober 2024 mendatang.

Selain itu, Paloh juga menegaskan mereka bakal mendukung penuh pemerintahan di bawah Prabowo-Gibran di periode mendatang.

"Di akhir masa hormat jabatannya, Presiden Jokowi bakal tetap menjadi sahabat NasDem," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan menghadiri Kongres ke-III Partai NasDem2024 di Jakarta pada Minggu (25/8).

Pantauan CNNIndonesia.com, Anies datang terlebih dulu mengenakan batik cokelat. Memasuki arena kongres, dia pun menyapa para elite NasDem di dalam. Gemuruh peserta kongres pun ramai menyambut kehadiran Anies.

Tak lama setelahnya Jokowi juga datang di lokasi. Ia disambut Ketua Umum Surya Paloh dan elite NasDem seturun dari mobil.

Jokowi mengenakan kemeja panjang berwarna biru dongker.

(mnf/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional