Jokowi soal ASN Belum Pindah ke IKN: Tak Segampang yang Dibayangkan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap argumen dibalik penundaan pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi mengakui akomodasi di IKN belum siap sepenuhnya untuk ditinggali. Ia sendiri pun berpikir ulang untuk pindah ke sana dalam waktu dekat.

"Semuanya kan dilihat fasilitas, akomodasi nan ada sudah siap belum. Memang sebagian sudah siap, tapi sebagian juga belum. Saya kira kita pindah jika betul-betul siap. Termasuk saya juga sama, pindah betul-betul memang kudu siap," kata Jokowi usai meresmikan Flyover Djuanda, Sidaorjo, Jumat (6/9)

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karena itu, untuk menyiapkan kepindahan, Jokowi mengaku bakal terus meninjau progres pembangunan IKN. Dia apalagi kudu berjamu ke IKN dalam beberapa hari di tiap pekan.

"Tapi bakal kita terus berjamu ke sana, tiga hari, empat hari untuk terus konsolidasi dengan Kepala Otorita IKN agar apa nan sudah kita rencanakan sesuai sasaran nan ditentukan," ucapnya.

Menurutnya, pemindahan ASN ke IKN tidak semudah nan dibayangkan. Jokowi mengatakan, semua akomodasi kudu betul-betul siap untuk menunjang kebutuhan dan kehidupan di sana.

"IKN itu pekerjaan nan sangat besar sekali. Jadi tidak segampang nan kita bayangkan, pindah, langsung pindah. Karena menyangkut pindah apakah rumahnya siap, apakah apartemennya siap. Kalau apartemennya siap apakah airnya juga siap, listriknya juga siap, semuanya ini perlu," kata Jokowi.

"Karena kita membangun sebuah ekosistem besar karena, dimana kelak kita harapkan kelak betul-betul hubungan antara masyarakat antara penduduk nan tinggal di IKN betul-betul sebuah organisasi nan hidup. Baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan lainnya," tambahnya.

Namun, saat ditanya kapan fasilitas-fasilitas di IKN tersebut bakal siap, Jokowi meminta agar perihal teknis seperti itu ditanyakan ke Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono.

"Ditanyakan seperti itu, jika hal-hal teknis ke Kepala Otorita IKN, Pak Basuki ada di dekat saya," pungkasnya.

(frd/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional